Image
6

Happy Birthday, my Little Explorer

ttoald11

cerita cinta dibalik album “through the eyes of a loving dad

awal bulan ini, sy dapat photobomb dari paStan, hampir 150an boooo, hasil dari foto2 masa sy mudik tahun ini, si henpon langsung ngambek gitu, alhasil sy musti memindahkan foto2 tersebut, yg sy pikir pasti lah ngga jauh beda sama foto2 di henpon sy, laaah kan kami perginya barengan terus..

ternyata….

foto2nya sukses bikin sy baper.. banyak foto2 Stan lah jelas, tapi juga banyak foto sy berdua sm Stan, ah papa… we feel your truly deeply love for us, thank you miamore..

aih, si papa, tau gitu mama rajin touch up dan pake bulu mata anti badai… huehuehue… *pembual

dan diantara tagihan draft laporan data collection dan draft artikel saat ini.. sy malah tergoda keinginan yg amat kuat buat menulis tentang momen2 bersama Stan melalui foto-foto yg ada… menjelang hari lahir Stan… yang ternyata, meski yg guru itu mamanya, tapi Stan mengajarkan banyak hal tentang belajar dan kehidupan… daaaan

so, enjoy..

“through the eyes of a loving dad”

c

((Stan selalu muncul dengan ide tentang belajar sesuatu yg baru, dan ga akan berhenti diulang-ulang sampai DIAnya yg bosan, kali ini edisi belajar seruling, amboy, sy yg ngerasa bs main lgs sok pamer, tapi yg keluar malah nada ga karuan, *uhuk.. belajar lagi maaaaaa! *ambil nafas dalam-dalam))

tteoald4

((bersyukur.. bersyukur.. bersyukur.. dimana saja kapan saja, sy selalu diajak berhenti dan melihat tiap hal yg ada di sekitar sy, oh yes, my little prince, I am so blessed! ))

*abaikan kardus di sebelah sy, they’re not mine!

e

((mama sehat ya, makan ya, dandan ya ma, sisiran ya ma, bedakan ya ma, mama – lipstiknya dong, no – aneh pake lipstik warna gelap, awwwwwwww, setelah paStan sepertinya mulai lelah ngomelin sy belasan tahun, ternyata story-nya to be continued….))

d

((sy yg dulu (sok) pemberani, setelah sm Stan malah jadi penakut abis, dan somehow anak ini bisa ‘mencium’ rasa takut sy… wah maluuuuu, namun dia penyemangat sy… ayo maaaaa… hold my hand, and never let go….))

f

((i love you, i am your son, but i have my own opinion.. and it always ok to agree with disgreement… hahaha, duh lihat deh muka Stan yg keliatan banget ngga setuju meski emaknya sudah serius2 ngejelasin… iya deh.. maafkan mama, mama ngga selalu benar, maklum, mama baru belajar jadi mama, itu alasan sy biasanya… yaaa, kami sering juga berantem kecil2an… hahaha… *emak ogah kalah ))

g

((ayolah ma, istirahat dulu, nanti lagi…. *kecup Stan))

h

((senyumnya, tawanya, adalah kekuatan sy… may happiness always be with you, sweet boy...))

i

((iya, sy emang bukan orang yg serius-serius amat, tapi yaaa, emak2 lah yaaa, banyak juga yg dipikirin, dan Stan selalu mengingatkan untuk having fun ^^” btw ini aslinya kami lagi dangdutan, not that slow dance or something… ))

tteoald10

“thank you my sweet sweet boy, my little explorer, have a happy 9th birthday, the days are long (but wonderful), and the years are truly short, my love will always wrapped you like the little prince’s cape”

love

 

 

7

Challenge Accepted

 

belakangan ini sy melihat bbrp foto hitam putih dan status #challengeaccepted di facebook, waduh, another chain project ini, jadi seringnya sy skip aja – sampai hari ini eeeh sy kepentok.. hadeeeeeeuh…

sy like foto ibu cantik, teman kuliah sy dulu, ndilalah di inbox nangkring satu pesan ini:

Since you liked my picture, you now have to post a black & white picture of you and write Challenge Accepted. Let’s fill Facebook with black & white pictures to show our support for the battle against cancer. That is the challenge. When your friends like your post, you send them this message. Godbless 😘😊

oh, tentang melawan kanker, hmmm, reaksi pertama sy membaca pesan ini yaaa:

keraguan buat ikutan posting

apa hubungannya foto hitam putih sama perjuangan melawan kanker? – yaaa, sy tau foto hitam putih identik dengan memori, melambangkan bahwa siapa saja bisa jadi in memoriam gitu, jadi maksud yg didapatkan adalah kanker itu mengancam jiwa, jadi mari kita saling mengingatkan untuk melawan kanker, nah, tapi chain project ini ngga menjelaskan itu kan, dapet ngga nanti efeknya? eh tapi apa bener maksudnya kaya gitu yak, ^^

kenapa menyebarkan perjuangan melawan kanker? memberi tau sesuatu? wah… “mucocutaneous lymph node syndrome” malah belum banyak yg tahu, banyak dokter sekalipun..(*egois nih) uhuk, akhirnya jadi deh sy browse2 (sambil browse how to formulate research questions for a mixed method research dong, wkwkwk) dan sy membaca website WHO yg menyatakan bahwa kanker adalah penyebab utama kematian di dunia tahun 2012, yang meningkat tajam di tahun-tahun berikutnya.. kenapa meningkat? emang apa penyebab utamanya? 1 dari 3 penderita kanker memiliki karakteristik: bmi tinggi, pola makan ngga seimbang (kurang buah dan sayuran), kurang aktifitas fisik, tobacco & alkohol —> eng ing eng, sy ngga tau banyak juga ternyata

alasan ndeso dan ngga kekinian > ngga punya foto baru yg nampak lebih bagus kalau di-hitam putih-kan.. >.<

——————-

dan sampai paragraf ini, akhirnya sy memutuskan buat ikutan posting, karena…

ternyata proyek colek2 ini berhasil mencolek sy beneran, paling tidak hari ini sy menjadi sedikit lebih tau, lebih sadar, dan lebih peka..

sy mengenal teman, orang tua teman, pasangan teman, anaknya teman, dan keluarga yang pernah, sudah, sedang berjuang melawan kanker.. doa teriring bagi semua.. semoga diberi kekuatan, ketabahan, dan keikhlasan..

ngga ada ruginya kan, saling mengingatkan, kalau yg dicolek nantinya ngga keberatan posting dan belajar kan lumayan toooo…

dan karena sekarang hari Kamis, sekalian #TBT yaaaa…

jombrenks

jombrenks. sisterhood. july. 2015.

oh iya… sy memutuskan hanya melanjutkan ke 10 orang pertama yg like postingan sy di facebook, sisanya sdh klenger lah ya.. tapi senang juga kalau lihat ada yang meneruskan, terima kasih ^^

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

The Sunshine Blogger Award

sunshinethank you, Prima

wadow, di-tag Prima (kenal mbak blogger cantik dan inspiratif ini dari acara EdCamp) buat ikutan chain project the sunshine blogger award 2016 

tugasnya menjawab pertanyaan mbak Prima, trus bikin pertanyaan lagi yang diajukan ke blogger inspiratif lainnya….

yuk mareeeee….

1. Apa media sosial yang masih kamu pertahankan, dan kamu rasa you can’t live without? facebook.

dulu selain narsis, nyampah, juga buat kepoin mahasiswa (hahaha, ampun ^^) maksudnya buat ngasih pengumuman (karena mahasiswa lebih sering baca facebook daripada baca email/catatan dari dosennya), milih mahasiswa buat dapet beasiswa atau tugas penting, atau screening buat nyari guru baru atau asisten (status aneh = no go!). sekarang, karena jauh dari rumah dan waktu banyak habis buat belajar (*uhuk pencitraan sangat) jadi lihat facebook serasa baca koran update keadaan keluarga dan teman2 dalam waktu singkat, obat rindu…

2. Apa buku favoritmu sepanjang masa (bukan Al-Qur’an/Alkitab ya pastinya, itu sih engga usah disebut, hehe)? Buku2 puisi – Elizabeth Barret Browning.

beli via amazon tahun 2002, trus jadi ikutan nulis2 (di twinkle stars).. buku yg berhasil membuat sy jadi produktif tiap kali habis baca… kalu baca chicklit kan bikin ngakak atau mewek doang, hihihi, tapi suka banget sih.. ini baru beli citizen girl & seven sunny days… hahahah *ga nanya *biarin mo pamer

3. Apa momen paling membahagiakan dalam hidupmu hingga saat ini? masa hamil.

haiyaaa, ini kayak tema pertanyaan di IELTS deh, beneraaaaan… wkwkwk…

iya.. sepanjang masa kehamilan.. i felt so blessed, i felt so loved, i felt so happy in every single second, and since it made my loved ones happy too, then it doubled my happiness… a friend said, that makes me a pregnant unicorn.. my curiosity level was increased to the maximum level, all the dedicated learning sessions, all the fun, all the positive changes I’ve made, and everything…

4. Apa film paling jelek yang pernah kamu tonton setahun terakhir?  “by the sea”.

aduh film ini yaaaa… yg main ganteng2, cantik2, settingnya baguuuuus banget bikin ngiler mau romantis2an kesana, etapi mengikuti ceritanya bikin ngantuk…

5. Kalau kamu boleh mengulang masa kuliah, adakah hal yang ingin kamu ubah? no.

kuliah S1 ini ya, hmmm, pengen mengulang sih iyaaaaaaaaa, best of the best friends and wonderful feelings, TANPA ada yg diubah, meski buanyak salah2nya… lucu aja bisa ngerasa: “ya ampyun, aku ogeb banget sih duluuuuu” ngga punya catetan, saat2 ngekos, nitip absen, belajar m-word, hahaha..

6. Siapa blogger favoritmu (selain saya tentunya :p)? aaaaaah banyaaaaak.

ngeklik reader itu kayak masuk ikea… semua menyenangkan! hehehe, semua blogger favorit deh kayanya, kenapa? karena setiap blogger itu unik dan setiap ceritanya manis… tergantung mood aja.. 

7. Apa arti menulis/blogging buatmu? refleksi diri, dan pengalihan isu.

ketika tugas satunya ngga kelar kelar (read: paperwork untuk disertasi, wkwkwkwk) ga tau kenapa, tiap ada deadline, malah semangat buat nyelesaikan postingan blog… ah, mateng toooo…. meski ngga semua di-publish dan berakhir di tumpukan drafts.. 

8. Kalau suatu hari memoir hidupmu dibuat film, siapa yang kamu pilih untuk memerankan dirimu? no idea.

hadeuh, kudet artis indonesia masa kini… ngga mungkin kan ik pilih Zooey Deschanel gitu..

9. Apa lagunya Adele yang menurutmu paling galau dan bisa bikin depresi? galau.

hahaha, lagu Adele mah semua bikin depresi.. padahal liriknya ngga memper sama sy..

10. Seandainya kamu menjadi atlet, apa olahraga yang akan kamu pilih? Renang.

suka banget main aer, suka banget berenang, tapi ngga jago, hiks… bisanya gaya punggung doang, *pemalas mode on

11. Bagaimana pendapatmu tentang ‘perempuan harus bisa masak’?

masak = cook : prepare (food, a dish, or a meal) by mixing, combining, and heating the ingredients.

ya setujuuu laaaa, masak itu kemampuan dasar, one of the human’s life skills, bayangin kalau pas laper trus ngga ada paklik2 yg jualan tahu tek atau nasgor tuktuk, piye kalau ngga bisa masak… kembali aja sesuai definisinya, bisa campur2 dan manasin bahan2 makanan, masalahnya cuman mau apa engga kok… sy pernah nulis ttg hal ini di sini

eits, no baper masalah gender, karena sy sebut human’s life skill – ini berlaku untuk human!

my questions

  1. hal apa yg ingin dikuasai, tapi belum dipelajari?
  2. lepas dari finansial dan kondisi saat ini, apa sih pekerjaan impianmu?
  3. hal kecil yg menyenangkan adalah…
  4. apa yang bakalan jadi kondisi ideal buat nulis/ngeblog?
  5. spontaneous travelling: ransel atau koper?
  6. nyaman tinggal di kota besar atau di desa?
  7. tempat paling asik yg pernah dikunjungi? (bagi foto yaaaa)
  8. apa makanan yang paling enak sedunia? (bagi resep dooong)
  9. satu hal yg harus diselesaikan tahun ini adalah…
  10. seandainya diberi kesempatan menulis buku, tentang apa dan apa judulnya?
  11. sesuatu yg ingin dilakukan bulan September nanti adalah…

daaaaan, tahap yg paling susah nih adalah milih blog yg mau jawab pertanyaan sy, hiks, maklum kan ik amatiran dan kayaknya blog yg ik follow blog terkenal semua.. jadi, seandainya ada yg mau jawab pertanyaan sy di tengah kesibukannya, bantuin doooong nambahin list berikut ini…

cuman ada keinginan mendengar jawaban dari blogger2 di bawah ini:

EdCamper Laksmi Pus | di: http://laksmipuspitowardhani.weebly.com/

EdCamper Indra | di: http://tidakberbahaya.blogspot.nl/

Dear Deny (kalau bisa duet dong jawabnya, hihihi) | di http://denald.com/

Ibu Peri Enschede, mbak Cetut | di https://padmaningsih.wordpress.com/

Mas Hartanto | di https://hartanto.wordpress.com/

Zee yg cantik nan galau, https://fhzandra19.wordpress.com/

Mutiara yang lama hilang, di http://dpearlmutiarafhatrina.blogspot.nl/

 

 

4

dibilang makin GEMUK! (2)

wkwkwk, ditengah ramenya #MUKIDI dan deadline tugas bikin timeline kerja proses data hasil penelitian pertama, sy malah pengen nulis ttg yg satu ini.. tak apa lah ya.. hihihi

sy semang udah pernah curcol ttg ini di sini thn 2014, daaan pengalaman yg kali ini serupa, namun lebih spekta bangeeeeth..

hipotesisnya adalah:

“orang2 yg dengan suka cita menyampaikan kata sapaan: “hai, kamu tambah gemuk aja” atau  “hai, kamu makin gemuk yaa” itu TIDAK pernah benar2 memperhatikan kita jadi ya udah, CUEKIN AJE

di postingan pertama, sy mungkin kurang bukti, jadi sy ngga bisa jawab:

“masa sih tambah gemuk, anda aja yg ngga bener2 merhatikan sy kaliiiiii…”

memang selama 12 tahun terakhir sampai dengan tahun lalu berat sy tetap sama, ya penampakan gemuknya ya segitu itu… dua belas tahun dengan berat badan stabil… namun bisa jadi karena makin chubby membuat berat sama tapi penampakan berbeda.. okeee… gapapah… BMI sy memang normal nyaris overweight.. wkwkwk… tapi kan hepi aje…

chubby and happy in 2015 ^^

lantas gini ceritanya… ketika sampai di belanda tahun lalu, sy memulai mencoba hidup lebih sehat, beberapa diantaranya terpaksa memang, misal terpaksa naik sepeda dengan trayek jauh seminggu sekali buat belanja dan trayek ringan tiap harinya (*wait, trayek itu bahasa Indonesia bukan ya?), jalan kaki kalau kunci sepeda lupa naruhnya dimana, dan naik turun tangga apartemen minimal 1x pp (kalau ada barang yg kelupaan bisa sampai 3x, hiks) dan lain-lain tips lengkapnya ada di sini

dan ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut menyehatkan sekali loooo, sy jarang sakit! and it makes me happy ^^ eits, ditambah bonusnya: feti yg terkikis *aih cucok jadi judul lagu

WhatsApp Image 2016-08-26 at 16.20.05

awal desember beli jeans nomor 40, eh lantas ngerasa jeans ini longgar, jadi nyoba beli yg nomor 38, dan ternyata cukuuuup sodara, masih agak longgar aja dianya, jadi beli lagi deh no 36.. nge-pas sih, asal ngga makan kebablasan, wkwkwk… *kibas poni mukidi

whoaaaa, i love it... kalau berat badan, waktu itu sih ngga ngerasa turun2 banget, ternyata 8kg turunnya, ya bener aja kan si feti yang lumeeeeer…. #menujulangsing

 

(otot kaki makin gede, wkwkwkwkw *hadeuh)

 

WhatsApp Image 2016-08-26 at 16.20.58

menuju-langsing & happy in 2016

ini penampakan sy dgn jeans 36 dan sweater yg baru bisa dipakai setelah lama menunggu pede..

i look ok

i love myself 

i am healthier

and i feel happy

 

 

saat pulang ke Indonesia dan ke kampus lebih pede dong, meski yaaaa ngga lagi chubby, minimal dibilang keliatan lebih segar laaah, sy niatin (dan jalanin) dandan kalau harus ngantor mulai 2016, minimal pake bb/cc cream plus lipstik..

but you know what, i still got these “greetings”: 

“haaaai, ih iya bener, denger2 agak langsing dikit ya sekarang, tapi masih bisa kan lebih langsing lagi dari ini….”

uhuk… kaya hidup sy cuman sekitaran berat badan…

dan lebih spekta lagi:

“hai bu, MAKIN GEMUK AJA NIH, kayaknya tentrem yaaa hidup di Belanda”

DOOOOR ….

kaaaaaaaan…. tau kan sekaraaaaaang, yakin kaaaan…

orang2 ini NGGA PERNAH bener-bener memperhatikan kok

persepsi mereka sy gemuk, jadi kalau ketemu ya akan tetap dibilang makin gemukngga peduli berat sy itu berkurang 8kilo pun… lucu kan….

(opo maneh lek tambah lemu temenan*, kelar hidup ik! wkwkwkwk)

dan orang-orang kaya gini nih, mereka itu ngga biasa tulus nanya kabar orang, karena mereka ngga peduli kale…

jadi don’t give them a place in you life, kibas jauh2 dari hidup lo… kalau mau jalani hidup sehat ya hidup sehat lah untuk diri kita sendiri… orang2 ini ngga tau apa2 kok…  dan jangan dong jadi kayak mereka.. kalau ketemu ya tanya kabar… itu kalau kamu beneran peduli… kalau engga, a smile will be enough..

fijn weekend, selamat ber-akhir pekan, be happy and love yourself more ^^

 

dedicated for my students and friends

 

 

12

10 tahun Pernikahan

WhatsApp Image 2016-08-10 at 19.21.17

:: 10-year anniv date :: coffee :: black wedding rings ::

tahun ini adalah tahun ke-10 pernikahan kami… WOW… s.e.p.u.l.u.h… gimana rasanya? yaaa… lama juga sih yaaa ^^, hehehe.. aduh maaf komennya ngga mutu.. ini rasa tanpa bisa diungkap aksara soalnya.. perjuangan tanpa ujung, belajar sepanjang masa..

dengan segala perbedaan kami dari awal, kami sadar dan sedikit tutup mata akan apa yang kami hadapi selanjutnya.. meski banyak peristiwa yang kami lewati bersama penuh cinta dengan suka dan duka, bukan sekali dua kali sy atau si Mas atau kami berdua berpikir “ya sudahlah..” atau “sudahan yuk..” atau “sudah doong!” dan syukurnya setiap kami di ujung pasrah, selalu ada yang membawa kami kembali bersama, and they’re not always the nicest things on earth..

iya, menjalani pernikahan ini ternyata menyeret kami berdua untuk lebih keras belajar dari segala penjuru, mulai merenung dalam diri sendiri, dari satu sama lain, dari anak, sampai dari sahabat2 tercinta dan keluarga, kami belajar untuk belajar, belajar kembali, dan memilah yang tidak perlu dipelajari (learn, re-learn, and unlearn – learning principles in 21st century learning)

lantas kami dipertemukan dengan dua cincin ksatria baja hitam, yang meski sama-sama baja namun berbeda hiasan dan model, dan menjadikannya cincin kami yang baru… aiiih…  lovely #blackweddingrings ! i love it!

unique, strong, powerful, mengingatkan kami pada kami berdua dan semua yang telah kami alami sampai saat ini.. and I have to note ’em down for my self-reminder

1. “being apart is fine…

kami sedang #LDR nih… pas ngedate anniv tuh kami sudah ngga ketemu selama hampir 7 bulan… jauh sebelum2nya kami juga bukan tipe yang (bisa) tiap hari berdampingan bersama.. kami biasanya ketemu 1-2minggu sekali… tapi tiap hari dong kami saling kirim kabar via apapun yg ada di gadget.. kalau selama di Belanda ini, sy hampir tiap hari juga kirim email dan foto… *selfies for specific purpose  #eaaaaa

tak mudah bersama, kami adalah si ujung barat dan ujung timur.. si Mas itu perfeksionis abis orangnya, semua direncanakan in every single possible details.. sementara sy.. hmm.. well.. wkwkwk.. super duper ngglewes… sy akan stres bila mengikuti suatu jadwal tertentu, sementara si Mas akan stres berat kalau harus menjalani sesuatu tanpa rencana.. menurut sy > si Mas itu OCD *obsessive compulsive disorder, menurut si Mas > sy itu the beautiful chaotic queen.. wkwkwk, bisa 7 seri ini postingannya kalau mbahas bedanya si Mas dan sy..

menjalani hari sendiri itu memberikan diri kami waktu untuk berdialog dengan diri sendiri dan merenungi apa yang terjadi diantara kami.. being apart is awesome… yaaa, menumbuhkan dan menikmati masa rindu gitu deh… kan katanya rindu itu candu! ^^,

2. “blast from the past…

WhatsApp Image 2016-08-10 at 19.18.37eits, ini bukan ttg mantan yaa, hahaha… gini, kami juga sering kembali ngobrolin momen2 di awal2 masa kami nikah, pacaran, dan sebelumnya

10 tahun menikah, 8 tahun sebelumnya pacaran, berteman baik beberapa tahun sebelumnya lagi, berteman biasa sebelumnya lagi, dan temannya teman di awalnya… maklum ternyata pas es em pe kami sempat tetanggaan rumah, dan pas es em a malah se-kompleks sekolahnya…

 

iya, mrintili momen2 jadul ini juga sesuatu yg manis lo! serasa lagi reunian kecil  *suit suit

…lucky, i’m in love with my best friend…

3. “communicate well…

seumuran dan saling mengenal begitu lama menjadi jaminan komunikasi yang lancar?

yo engga laaaaah… NO WAY… wkwkwk.. cuman over time, diem2an atau sinis2an itu lama-lama ngga jaman, hanya bikin kerut muka *hiyaaaa… mending diomongin aja…

jujur tentang perasaan sy dan menjelaskan apa yg sy harapkan, serta mendengarkan hal yg sama darinya itu baru membantu… beberapa teman malah heran, “ngga semuanya lah harus dibilang ke swami”, nah loooo.. trus sy musti curcol ke siapaaaaah… *tanya tembok

topik kami juga tentang banyak hal mulai keluarga besar, teman-teman dan cerita mereka – yang sering juga jadi pelajaran buat kami, pekerjaan – dan orang2nya dan gosip2nya *aha!, dan apa yg ada diantara kami seperti diantaranya sampai batas apa yg dikatakan selingkuh itu *pfffh ya almost everything I guess

oh ya, kami juga punya tanggal khusus, setiap tanggal 3 – as our monthiversary, jadi kalau ada sesuatu hal yg biasanya ditunda2 ngomongnya, kayak habis nabrakin mobil misalnya, hahaha, sy ngomong semua2nya pas tanggal 3 itu… siap jujur dan siap kuping… eh, siap hati ding…

4. “but don’t expect perfect communication…

I am a drama queen.. si Mas Raja Tega… sy sudah pasrah bin jujur, eh masih di-sarkas-in – dipojokin, ya nangis doooong… hehehe… nangisnya ya tetep ke swami.. tanggung jawab dong sudah bikin sy bete.. ^^

kami sering sekali diskusi dan negosiasi, dulu jadian awal, dan persiapan pernikahan juga begitu, kalau kepentok ngga deal yah berhenti dulu.. besok2 diulang lagi diskusinya.. ya, karena tidak semua diskusi dan negosiasi bisa berjalan lancar..

menurut sy nih ya, si Mas emang pinter bingit orangnya, namun untuk satu -dua -beberapa -atau banyaaaak hal tertentu dia tetap butuh penjelasan dengan kata-kata yang diucapkan pelan-pelan… catet tuh, literally speaking, bukan dengan kerlingan mata… hahaha…

5. “don’t compete… 

suck it up, then move on..

di satu waktu, mungkin hanya salah satu yg nampak ato ngerasa lebih banyak melakukan sesuatu… ya udaaah, kerjain aja (kalau ngga mau ya ngga usah)… namun buang jauh2 segala rasa “lebih” itu… nikah bukan lomba.. ngga harus bersaing, mencari siapa lebih kuat, atau banyak berusaha, atau berkorban, atau berjuang dalam pernikahan…

do your best you can and WILL do, then move on..

hey… it is something that you have to built together, if he’s not there, just ask him to!

additional update: nasehat ini dari sahabat2 tercintah, pasal ini namanya superwoman syndrome, apa2 dilakukan sendiri – sadar atau tidak, sengaja atau tidak, dengan ingin diakui bahwa dia berperan (lebih) penting dalam hubungan tersebut… ini sindrom perempuan jagoan (ato yg ngerasa aza, kaya sy) biasanya, syukurlah sy sdh diterapi dan dinyatakan lulus, hihihihi *thanks sis

6. “learn to say sorry…

kita ngga selalu benar, apalagi di mata orang lain… be humble, kalau sekiranya kita salah dimatanya yaaaaaa, minta maaf saja… namun…two important things,

DO clarify what you are sorry for -and- ASK forgiveness..

biar jelas gituh,

(1) maafnya tentang apa, dan

(2) mintalah pasangan untuk memaafkan

jadi bukan cuman, “yaaaaa, maaf…” dengan muke cemberut… whoaaa, kurang dapet gituh feel-nya.. apalagi ditambahin “tadi kan aku sudah minta maaf!” ditambahin lagi “maumu aku harus gimana lagi sih?!!?!!” wkwkwk, lak diterus-terusnooooo… hadeuh, bisa perang lagi nantinya, hahaha… seringnya sih kami gitu kok… ooooopsie >.<

7. “show love… 

semua orang suka bila dihargai kan,  bukan berarti musti basa basi yaa…

yes, day to day life gets routine (and BORING) jadi setiap kali bertemu tampakkan dong excitement: touch, hugs, senyum, binar mata, be nice, be present, be sweet.. kalau lagi sebel pun, just punch him then give him a warm hug ^^

*this is truly my selfnote *maaf ya istrinya sering cuek bin jutek, hiks

8. “laugh hard…

ayolah jangan serius-serius… semua ada waktunya…

ketika suasana lagi bikin bete, tarik nafas panjang dan make joy and laugh a lot life is hard already… ketawa bareng itu menyenangkan… just do something silly or fun together

kadang kalau ngga ada bahan ya, kami berdua ngetawain orang lain, atau paling engga yaaa si Stan yg kami bully, wkwkwkwk *bad couple huh *maaf ya nak, ortunya jahil

9. “go on dates…

 I made my mistakes, sy pikir dengan berusaha menjadi ibu yang baik akan otomatis menempatkan sy menjadi istri yang baik.. eheeem, sy SALAH… a couple is a couple… dan sy adalah sy… jadi kami kedepannya harus rutin meluangkan waktu berdua

and find topics other than being a mom or a dad… karena hanya akan bikin kangen pas nge-date, atau malah merasa bersalah, apalagi kalau perginya ke cafe yg sudah diincar bareng Stan, hahaha… *duh maaf lagi ya nak..

10. “you can’t change someone, but someone can change…

obrolan pembuka anniversary date kami kemaren adalah, how much do we hate each other... hahaha… sudah tau dia benci banget segala chaos, messy, and spontanity, tapi sy-nya tetap saja begitu.. dan karena tetap begitu, rasanya sy sengaja.. dan tiap kali dia berpikir sy sengaja melakukannya, rasanya makin benci aja… delapan belas tahun loooo, kata si Mas, ngga berubah sedikit pun!… laaaah, padahal samaaaa, sy juga sebal tiap kali dia merinci sesuatu, atau tanya bertubi2… so I think I would just have to accept that ^^ and he should too, cause we’ve learned over time that those things about us are NOT going to change.

“I want you to know how much I’ve enjoyed annoying you all this time and how excited I am to keep doing so in the future” @maureenmoz

namun anehnya, saat jauh dari si Mas, tau2 aja, sy iseng banget ngatur2 lemari dan menempatkan tipe baju tertentu berdasar warna hanger, wuuuuih itu kan dia bangeeeet yak… langsung teringat kalau si Mas lagi ngatur2 baju (dengan muka !b*r%tg^a#d gitu deh), then I suddenly got the warm feeling that he is nearby…. *I do miss you, my Bi

^^ celebrate love ^^

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

Perjalanan super seru

5 days before departure, 7pm

*mewek *panik *koret2 tabungan

huaaaaaaaa, datang ke Gallery Garuda di Ciputra World Mal Surabaya bawa celengan ayam minta mundurin jadwal kayak bayaran kredit panci… sayangnya semua kelas penuh sampai akhir  jaman bulan..

drama >>> “jadi… kelas bisnis pun ngga ada yah mas yah????” untuuuuung si mas ngga langsung memandang jijik dari ujung rambut sampai ujung kaki kayak di sinetron2 ituh *zoom in *close up… wkwkwkwk… emang kalau ada mau mbak bayar extra 100% 200% 300%? *melet

3 days before departure, 9pm

cek mailbox, eh dapat imel dari Garuda, ga dibaca…

1 day before departure, 1pm

dapat imel lagi dari Garuda, apa ya garuda ini, kirim2 imel mulu… ^^ akhirnya baca deh, terutama karena kali ini imelnya pake nama pengirim, terasa lebih personal, jadi lebih menarik buat dibaca,

Semua penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Jakarta pindah ke Terminal 3 Ultimate. Sedangkan untuk penerbangan Internasional masih tetap di Terminal 2E. Oleh karena itu kami informasikan untuk penerbangan connecting Internasional minimal connecting 3 jam.  Kami sarankan untuk merubah tiket dengan jeda waktu connecting 3 jam. (Bunga)

pesawat sy dari Jakarta ke Amsterdam tercatat jam 9pm, jadi ke Jakarta awalnya jam 6pm.. karena sore, maka pagi sampai siang sudah sy jadwalkan untuk jalan2 pamitan…

dan setelah telfon ke call-center Garuda, sy diminta berangkat jam 2.50pm, HAIYAAA, terus pake acara diminta standby jam 1pm di bandara Juanda… *helllluuk apa kabar acara pamitan… *lunglai

departure day, 2pm

CS Garuda Juanda airport, setelah sibuk telfon sana sini, akhirnya memberikan kabar kalau sy akan naik pesawat yg jam 3.50pm.. suami dan anak sedikit lebih ceria nambah 1 jam pelukan…

dan sy pun check in… eh, di meja check in, si mas garuda bilang kalau sy harus sesegera mungkin naik pesawat, yg 2.50.. looo, 2.20pm nih, huaaaaaa… setengah panik, eh sepenuhnya panik, sy lari ke luar tempat check in, my dears, where are you? I have to go now… hiks…

sedikit kata, hanya pelukan erat..

pamitan itu berlangsung singkat..

pergi kali ini rasanya lebih berat..

dan kesedihan itu makin melekat, pekat!

masuk ruang tunggu, penuh sekali ternyata… penerbangan sebelumnya ke Jakarta belum berangkat juga, oh la la… semoga semua berjalan baik-baik saja.. memang ada apa dengan Terminal baru Soetta?

penerbangan 2.50pm delay menjadi 3.10pm.. lantas telat 30menit.. 3.40pm baru antreeeee masuk pesawat.. nyampe seat sekitar 20menit, dengan kondisi pesawat angeeeeeet tanpa ac, sampai semua penumpang keringetan… untung ngga bau ayam… *huweeek entah berapa lama kami di dalam pesawat sebelum akhirnya pesawat lepas landas…tapi paling tidak ada harapan sy akan menjadi orang2 pertama yang melihat bandara baru bukan? *semangat biar ngga mewek

oh God, it is going to be such a trip..

jakarta, terminal 3 ultimate soetta touch down, 5.20pm

touch down Jakarta, semua ngga sabar pengen ngelihat terminat baru… namun apa daya, ternyata tangga turun masih belum muncul, wkwkwk… kembali lagi yang didalam berhangat2 ria tanpa ac sampai 15 menitan… itu pun bus pengantar dari tengah lapangan ke gedung masih pakai nunggu lagi… >.<  hmmm, garuda yaaaa….  *pssst ini pertama kali sy naik garuda bayar sendiri, maunya nyamaaaan tapi yaaaaah…

jakarta, terminal 3 ultimate soetta, 5.50pm

sy berjalan bersama serombongan penumpang menuju gedung utama saat sy mendengar panggilan “garuda transit internasional!” sy akhirnya menghampiri masnya dan diantar lagi ke pintu menghadap ke lapangan kembali… dan diminta menunggu bus warna putih/kuning, hiyaaaa ga jadi lihat bandaranya reeeeeek… *penonton kecewa ya udah, lagi2 lihat ruang tunggu aja…

IMG_20160810_174952

ruang tunggu bus di terminal 3 ultimate soetta pinggiran >.<

 

jakarta, terminal2 soetta, 7pm

melewati terminal 2 domestik lama yang sudah pada tutup toko2nya, hiiii syereeeem… serasa melewati kota mati.. mau foto ga berani takut malah ada yg bergaya gimana coba, karena masih ada waktu 2,5 jam, setelah melewati imigrasi, sy memutuskan untuk makan malam di Great Indonesia, ini cafe paling dekat sama gate, dan sy naksir salmon gorengnya (sekitar 100k, harga makanan kecil 30-50k, makanan gede 50-100k)…

nyam nyam nyam…

IMG_20160810_184614

Great Indonesia Cafe Bandara Soetta Terminal 2

garuda jak 9pm to ams via changi, singapore (3hrs transit + security screening)

amsterdam, schiphol, 8.30am

touch down! dengan mata sembab karena nangis di pesawat gegara nonton “Mother’s Day” >.< *bad choice, huh

setelah melewati imigrasi, sy cukup lama menunggu koper, hampir sejam! (udah sempet waswas kalau ilang aja tuh koper)

kemudian selain disambut suhu 11`C (What a Summer!) ditambah kabar tidak ada kereta api langsung Amsterdam – Enschede… hiyaaaaa….

jam 11 sy diarahkan Amsterdam – Utrecht, kemudian karena delay sy ketinggalan kereta lanjutan deh, yaaa sambil nunggu, sy sempatkan lunchie di Julia (pasta gitu..) di Utrecht Central, daaaaaaan apesnya kereta yg sy naiki ke Enschede setelah nunggu lamapun harus berhenti di Deventer buat ganti gerbong, hiks hiks jadilah sy harus pindah2, dengan koper 20k dan tenaga sisa… karena rata2 keretanya yg dua lantai begitu… 20k begitu…

last but not least, sesampainya di Enschede, hujan mulai turun, dan, sy masih harus mengangkat bawaan ke apartemen sy >.< iya… ke lantai paling atas ntuh!

*pijaaaat dooong

total perjalanan seru kali ini = 31 hours

note: surabaya-jakarta-singapore-amsterdam-utrecht-deventer-enschede

alamaaaaaaaaaak

 

2

Mudik: Pengalaman Pertama

Sy lahir di Surabaya, besar di Surabaya.. tinggal di luar kota namun kerja ya tetap di Surabaya, alhasil mau libur apa aja, ya sy bakalan tinggal di rumah mami di Surabaya juga.. emang ada beberapa kali sy melewatkan liburan entah lebaran atau tahun baru di kota lain atau negara lain, ada yg berlalu begitu saja, ada juga yg dilalui dengan dicincang mami sesudahnya huehuehue ^^..  tapi baru tahun ini.. mendekati usia setengah abad, sebagai seorang Indonesia, sy merasakan untuk pertama kalinya kejadian fenomenal yang dinamakan: MUDIK. Note: Mudik ini tidak sy rencanakan sebelumnya. Waktu akhir tahun 2015 sy berangkat ke Belanda, sy blm punya rencana apapun untuk pulang, karena penelitian sy rencananya ya tetep di sekitaran Belanda aja.. ternyata hasil diskusi bersama supervisors mengusulkan penelitian di Indonesia.. ya suuuuu… akuuu pulaaaaaang… 

Karena baru pergi kurleb 6 bulan.. ya sy ngga mengharapkan banyak perubahan laaah… apalagi mau nyanggong di bandara Terminal 3 Ultimate Soetta yang katanya heboh itu.. hihihi… belum.. belum.. mungkin kalau 3 tahun lagi gituuu baru deh keliatan ada perubahan di Surabaya atau Indonesia Raya..trus apa aja persiapan pulang kemaren?

=======

2 Bekal MUDIK yang Utama ala #MaureenMoz

1* Oleh-oleh ^^

terus terang, selama ini sy termasuk orang yg jarang bawa oleh2.. biasanya pergi tuh kalau ngga untuk kerja yaaaa perginya berkelana ala backpacker sih, pergi bawa satu ransel, pulangnya ya bawa satu ransel itu lagi meski isinya kadang berbeda. selalu gembel mode on, selalu pas lagi bokek.. hmm, kecuali pas ke Korea yg pulangnya musti nambah 1 koper wkwkwkwk Korea itu racuuuun… jadi selain pas pergi ke Korea, emang jarang bawa oleh2.. tapi kan ini MUDIK, dimana pas pulang itu bakalan reunian sama keluarga besar dan handai tolan yang taunya sy datang dari Holland dan bayangannya sy pulang bawa sekontainer coklat… *Woy kita anak beasiswa Woy *panen pohon duit

untungnya sy agak hobi belanja *pembaca dilarang protes, terinspirasi dari blogger lain yg suka beli pernak pernik buat sangu souvenir pas ada sale di primark ataupun toko2 lain kapanpun itu, sy pun membongkar hasil belanjaan selama 6 bulan terakhir dan karena masih kurang.. ya belanja lageeeee (sehari sebelum pulang!) bawa apa oleh2nya?

 

Daftar oleh-oleh ala Belanda

  1. Coklat dan Fudge
  2. Stroopwafels
  3. Permen2 Belanda (dengan kalengnya yg cantik-cantik)
  4. Kopi DE
  5. Keju (beli Henri Willig enaaaaaaak…)
  6. Knoflook Sauce (Remia… eh tapi ada kok di Indonesia ^^, )
  7. Non-makanan kaya make up (make up set lucu murmer dari essence, pouch keren dari primark, tas belanja motif di kruidvat/primark/die grenze)
  8. Buku cerita anak (buat anak2 yg sudah bantuin penelitian sy, belinya di action, tapi jadinya sy lebih banyak beli buat diri sendiri daripada untuk responden >.< )

 

… kalau ada ide lain dong ya, untuk Mudik berikutnya…

karena acaranya mudik, yaa sy niatnya bawa baju seperlunya pas pulang, toh di rumah mami masih ada beberapa box baju yg sempat sy kemas sebelum ke Belanda.. nah, koper yg berisi oleh2 ini ternyata cuman 19 kg, padahal penerbangan Garuda memberikan jatah 30 kg.. aduuuuuh, bawa apa dung? hihihi ogah rugi.. sy nambah belanja bbrp camilan dan bawa ekstra celana jeans dan jaket..

2* Stok Sabar ^^,

yaaaa… disambut dengan koneksi internet yang super duper lemot dan terbatas.. sy pun lemas lunglai setelah beberapa hari sampai di Indonesia… terlalu manja sih dengan fasilitas kampus, sampai di Indonesia malah kurang berdaya juang deh.. sy pakai nomor axis sy yg lama.. ternyata yg dulu axis itu exist, sekarang terbatas di daerah sy.. hiks.. untung anak pake 4g LTE, jadi ngga salah dong sy sering nodong, deeeeeek bagi wifi doooooong… hahahaha..

selain sabar sama koneksi internet, juga sabar sama the kepoers.. krn tentunya banyak dong pertanyaan ngga penting yang nyamper di kuping..

ngga kangen anaknya selama di Belanda? *hellloooooooow

eh, pulang ya? *dan nyeletuknya di depan muka.. hehehe, aneh kan...

kapan pulangnya? *kenapa emangnya kalau udah lama datang atau baru datang sih..

kapan baliknya lagi? *mo bayarin tiket?

mau bikin anak lagi ya? >.<

dan yang paling parah..

SUDAH KELAR PHDNYA??? *lo kata ikutan kursus?

atau setelah dijawab belum, akan segera ditanya…

KOK LAMAAA, KAPAN KELAR S3-NYA??? w(-__-)w

*eits, sabaaaar.. sabaaaar.. masih di penghujung bulan ramadhan.. *kulakan stok sabar sing akeh…

=======

Mudik itu ternyata menyenangkan ^^ meski ngga perlu banyak cerita karena setiap saat cerita apapun sudah tumpah di grup WA family selama sy pergi, hehehe.. ada satu perasaan pengen traktirin dan manjain keluarga…. rasa syukur bisa berbagi, eih bukannya sok kaya, tapi yaa maklum, semua2 di-kurs ke euro, ya iyelah terasa mureeeee, mateeeeeng.. hahaha… jadi musti baik2 hitung pengeluaran biar ngga gigit ban sepeda pas baliknya nanti…

=======

  • Selamat Hari Raya Idul Fitri yaa..
  • atau Selamat berlibur di Hari Raya…
  • Semoga amal ibadah diterima Allah SWT dan mendapat ridhoNya..
  • Mari berdoa untuk damai di dunia,
  • Meski berita2 teror dimana-mana, di Madinah, Istanbul, Baghdad, Bangladesh, sampai Solo pun ada.. 
  • Selamat menikmati waktu bersama keluarga…
  • Buat yg mudik, selamat belanja di warung tetangga..
  • Selamat berbagi dengan sesama..
  • Buka mata dengan lingkungan sekitar kita..
  • Buka hati menerima komen, kepoan, dan canda..
  • Selamat berlibur, teman, nikmati hari bersama orang-orang yang dicinta..
  • Terima apapun apa adanya, katakan apa yg ada di hati segera..
  • Semoga kita semua berbahagia…