16

Beasiswa dan saya

pada satu masa di twitterland, yg bisanya sy baca sekilas saja, ada twit yg amat menggoda buat dikomentarin balik gara2 ada istilah:

(((ngemis))) beasiswa

trus jelas yg reply (dgn huruf acak dan tanda seru) yaa banyak dooong, trus di-reply balik sama si mawar – sebut saja kakak pencipta istilah tsb dgn nama ini ya – nunjukin kalau dia ngga ngerti salahnya dimana wong dia ngomong biasa aja kok neyti jen pada nge-gas gitu.. benci sana benci sini pun dimulai… dan seperti biasa, ramailah twitterland dgn lalalili seputar beasiswa (yg sebenarnya awalnya ramai karena sebelumnya ada twit pembahasan ttg menjadi orang tua yg bertanggung jawab – ngga ikutan ini sy deh, capek! wkwkwk)

sy – yg sejatinya hidup di bawah kucuran beasiswa dari masa ke masa.. jadi merasa tertohoq.. mengapa begitu hina diriku dihadapanmu, mawar… *halah *cari meme qasidah

lah gimana toh, dari awal pendidikan tinggi sampai saat ini ditambah workshops,  shortcourses, bantuan/media belajar, dan seminars yg sy ikuti, semua bukan murni duit sendiri atau dari orang tua, malah sy sebisa mungkin menghindari menggunakan pemberian orang tua (- kecuali kepepet ^^v) eh, kok mbahas orang tua lagi, ooopsie.. yaa pokoknya sy termasuk golongan yg bersemangat apabila mendapat kiriman info beasiswa ataupun hibah penelitian begituuuu..

saat itu seketika sy esmosi dong, langsung perintah si jempol – admin akun twitter sy untuk beraksi demi bela diri sendiri: beasiswa itu sejatinya penghargaan! beasiswa itu prestige! beasiswa itu dapetinnya ngga mudah! beasiswa itu butuh konsistensi! dar! der! dor! (tapi kemudian dibaca dan diedit ratusan kali sebelum di-twit kok ^^ lantas di-twit dgn sopan, intinya adalah pengendalian diri, saudara, betul tida?)

nah, ya gini ini yg kemudian jaka sembung.. alias bakalan kaga nyambung antar 2 kubu neytijen.. dan ngga akan bikin benci sana benci sini itu lantas menguap begitu saja, karena apa? ya karena dasarnya beda.. yakinnya beda booo..

beasiswa menurut saya

sedari kecil, sy melihat istilah beasiswa sebagai terjemahan dari kata “scholarship” yg merupakan sebuah prestise – beasiswa tipe penghargaan yg diberikan karena prestasi.. pengertian ini didukung oleh arti dan penggunaannya dalam kalimat di macmillan dan collins dictionary.. untuk mendapatkannya harus  berkompetisi dengan kemampuan penuh.. modal nilai setinggi-tingginya, prestasi non-akademik yg menonjol, nilai baik hasil tes bahasa inggris (yg ngga murah.. dan mungkin ngga sekali ikutnya.. *hiks), dan kemampuan komunikasi yg sesuai… setelah mendapatkannya juga harus mempertahankan, minimal prestasi tetap baik (sampai kapanpun jua..) dan selesai tepat pada waktunya.. (kapan kelar studinya, Moz? *eh maaf ya ini ngga relevan… *pakai kacamata hitam…)

pengertian lain beasiswa

sedangkan mawar, imho, melihat istilah beasiswa seperti dalam KBBI atau terjemahan “scholarship” dalam cambridge dictionary, bahwa beasiswa itu semacam bantuan finansial untuk orang yg tida mampu (dalam menempuh pendidikan tertentu..) <- maka ini juga benar kan.. arti beasiswa tipe pemberian/bantuan..

nah, wajar kan sebagai orang yg tida-pernah-tida-mampu, mawar akan memandang bahwa pengajuan beasiswa seperti ini seperti ngemis.. walaupun, sebenarnyalah penggunaan istilah itu juga tida tepat disematkan pada karyasiswa…

ngemis itu menurut KBBI adalah meminta dengan merendah- rendah dan dengan penuh harapan.. lantas habis dikasih, ya sudah ngga ada kewajiban apa2 ke yg ngasih.. laah, ini kan bertentangan bahkan dengan beasiswa jenis pemberian sekalipun, karena si karyasiswa akan tetap mendapat kewajiban2 yg harus dipenuhi..

update closing

yaa, ngga ada yg salah dalam pemahaman beasiswa ternyata kan, masalahnya ada pada DIKSI dan SENSI.. diksi itu pemilihan kata ketika mau komenin sesuatu supaya selaras dgn apa yg mau disampaikan, kadang maksudnya ngga gitu tapi kok ya yg keluar itu.. alhasil bikin yg lain sensi, trus muter aja kaya kincir..

trus bagaimana mengatasi masalah diksi? yaa, banyak baca..

kalau mengatasi masalah sensi? yaa ngopi, eh, piknik yuuuuk!

note: ngga usah sambil nyanyi – “aku bukan pengemis cintaaaa…” ya!

update note: usul perluasan arti kata beasiswa ke KBBI doooong!

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
4

Jadi Guru

tentang cita-cita

jaman sy sd dulu, ancient facebook sudah ngetren looo… book beneran, tapi kadang ada facenya kadang engga… jadi bentuknya buku catatan yg hardcover gitu (kita nyebutnya diari, yg kalau ada gemboknya berarti kamu keren… hahaha) biasanya buku ini diedarkan ke teman2 yg dianggap keren sama di empunya buku.. trus kita boleh nempel foto, menghias halaman kita warna-warni sekreatif mungkin, dan nulis data diri kaya nama, alamat, tanggal lahir, motto (tinggal copas dari bobo atau mentari) dan cita-cita…

nah, sy payah soal yg terakhir itu…

benernya sy punya banyak cita-cita (lebih ke mimpi sih, hehehe… ada disini ceritanya).. sy pernah nulis kalau sy pengen jadi model, melihat fakta bahwa sy anak cungkring, kecil, item, tongos, rambut jagung… gimana coba… di-bully lah pasti.. dibilang endel (red: genit tapi kesannya juelek deh) sampai sy patah hati dan serasa dunia mau runtuh. *ceilaaa… mau nulis jadi desainer, laaaaaah gambar sy kaya ceker eyem… nulis keliling dunia – juga bakalan habis di-bully… jadi… yg aman ya satu nulis jadi guru. modalnya cuman bertahan ranking 1-2 di sekolah.

apa cita-cita umum jaman sd? jaman sy yg lagi ngetren ya jadi dokter atau polisi/tentara… well, ada yg nulis mau jadi ballerina (sekarang jadi dokter gigi, phd, sekaligus ballerina cantik) dan ada yg bilang mau jadi ibu rumah tangga aja dan merawat anak (eh sekarang jadi direktur perusahaan) ^^ we’ll never know sekarang ada teman yg jadi akuntan, punya online shop yg laris manis, manager tempat rehabilitasi, punya usaha handycraft yg keren (yg bener2 ngga kebayang pas sd ^^)

alhasil, nulis cita-cita jadi guru ini melekat dalam diri sy, males ganti, males mikir… menurut sy ya sudah cocok lah, sy suka baca dan suka ngomong… wkwkwkwk…

pilih jurusan kuliah

kuliah impian itu ya yang menyesuaikan dengan keadaan diri aja, musti pahami diri sendiri:

  • bisanya apa?

  • sukanya apa?

  • maunya apa?

dicocokin nih 3 hal… trus dikejar deh… untungnya juga, ortu sy tipe2 yg terserah deh mau kuliah apa, yg penting buat kamu itu keren… hehehe… *love ayah & mami

nah, kalau buat sy kriteria kuliahnya harus:

  • ngga pake mikir,
  • ngga susah,
  • yg dibutuhkan: baca dan ketrampilan berbicara,
  • daaaan KECE BADAI…

alhasil, pilihan sy jatuh pada:

pendidikan bahasa inggris

wkwkwkwk… iya ngga sih… bahasa inggris kan kewren kesannya… lantas karena bahasa ya pasti lah deketan sama ketrampilan berbicara, lantas belajarnya ya cuman baca (buat kuliah literature misalnya, musti ngabisin gone with the wind sama great gatsby dan puisi2 emily dickinson… perfect!), dan karena sy merasa bhs inggris sy ngga jelek2 amat ya ngga mikir banyak2 dong nantinya… tentreeem… untung pas sma sy rajin baca buku berbahasa inggris… jadi kuliah 5 tahun berlangsung damai dan bahagia…

cuman, supaya lebih keren lagi (maklum, jaman sma itu yg dipikir cuman TREND hihihi…) sy juga milih hubungan internasional (karena saat itu, hi-unair adalah jurusan nomor satu terfavorit di Jawa Timur, dan hampir semua teman milihnya itu pas umptn) – dan ternyata ketrima… kalau kasus yg ini ngga pantes dicontoh, hihihi… tipikal anak sma labil, kemana orang pergi dia ikutan juga…

jurusan kuliah dan cita-cita

yaaaah, karena judul kuliahnya aja sudah pendidikan bahasa inggris ya sy mengasah niat buat jadi guru… benernya sempat mau jadi diplomat atau kerja di deplu, sampai kemudian minder karena ternyata sy berhenti tumbuh ke atas, hiks… >_< jadi, sy ngga yakin bisa bersaing dengan yg lain… ketika kuliah dan harus magang/kunjungan (yg pendidikan bahasa inggris ke sekolah2, yang hubungan internasional ke embassy2 dan media massa politik)… sy mulai merasa sepertinya lebih NYAMAN ngajar dari pada kerja di embassy atau deplu, hmmm… kemudian sy juga sudah merasa hepi bekerja sebagai guru TK di dekat rumah saat itu…

serius jadi guru?

iyaaa… sudah pasti sy mampunya, pengennya, dan cocoknya jadi guru aja… jadi, kalau masih ditanya lagi maunya jadi apa 5 tahun atau 10 tahun dari sekarang, ya jawaban sy tetap… jadi GURU

sekretaris, guru tari, penerjemah, penyiar, katering, tukang bubur, buka toko, buka sekolah, artis dadakan, guru les di pabrik, main film, online shop, mlm, kerja di kolam ikan, kerja di salon, kerja di pasar, kerja di cafe, etc —> sudah pernah dicoba semua *serakah yaaaa

ini hasil digital storytelling sy tentang refleksi cita-cita… huehuehue… ini 7 thn lalu, jaman eike masih agak muda..

 

 

 

 

0

Malam Tahun Baru

Ceritanya baru jalan-jalan seuprit di Belanda sudah kehabisan memory hp ^^ alhasil musti beli memory card yang lagi diskonan di kijkshop, salah satu toko elektronik yang mure dari jaman bahuela, masih inget pernah belain ngumpul disono sambil kagum sama yang namanya kamera dijital yang dipajang di kijkshop, dan memaksa membujuk salah satu temen buat beli… *eh ngga usah nanya umur ya!

jadi.. kemaren, sembari kerja (iya KERJA! serius… ada 4 deadline dan baru kelar 2 sampai saat ini…) mulailah sy memasukkan memory card lama ke notebook… ternyata itu foto dari tahun 2014 hingga 2015.. alamaaak, pantesan habis, mana fotonya gede-gede pula ukuran filenya (2-3mb/foto untung ya hapenya ngga mual *ketjup hp

yang targetnya kelar kemaren, ternyata lanjut sampai menjelang tahun baru… wuih, lama juga ya menye-menye dalam memori…

what did I do?

PERTAMA, sy pisahkan foto dalam 2 folder, 2014 dan 2015.. gampang nih, tinggal dilihat secara list, diatur berdasarkan date, dan tinggal block n move aja..

hasil analisa:

banyaknya foto sama aja, artinya naluri sy buat moto dan difoto cenderung konstan, istiqomah yaa, ngga makin gila selfie gitu… atau ikutan trend kekinian yg makin ngga karuan kreatif aja..

KEDUA, karena mulai stress sama kerjaan, kadar OCD* sy meningkat… sy membaginya menjadi events (lebaran, bali, acara jalan-jalan, acara keluarga kecil, acara keluarga besar, acara temen-temen, acara kantor), selfie, justStan, StanNI (foto anak&saya),  BiHun (foto BiDarling* dan sy), dokumen, dan Misc

hasil analisa:

2014 lebih sedikit events (sedikit banget).. banyak kerja ^^ 2 hibah penelitian nasional loh.. ^^ banyak dokumen.. events seru yg membuahkan banyak foto adalah Korea dan Bali, apalagi foto Korea tuh yang edan-edanan banyaknya… padahal itu baru dari my HuaweiP6, belum yang di BB dan belum dari kamera mbakJanti, my lovely partner in crime ^^ .. foto Bali juga amazing, pemandangan yang indah dan foto banyak orang, yaiyalah, foto tiga keluarga dan pas semua bawa mobil, dan perginya lama, jadi bener-bener bisa explore kemana-mana.. di 2014 yang banyak adalah foto Stan and StanNI.. rupanya kami sering berdua kelayapan nggembel kemana-mana, tanpa BiDarling..

2015 itu RAME! Super Warna Warni!

Personal

  1. Deg2an treatment kawasakinya Stan, dari sedih, marah, sampai akhirnya kami merasa penyakit ini, it’s truly blessing in disguise for our litlFam
  2. kepergian Nenek 😥

Work & Achievement & People

  1. EdCamp* dan 3 events-nya.. 1) hosting anak Edcamp snacking dan curcoling awal tahun baru di rumah Mami tersayang – Januari 2) EdcampID yg kali ini PICnya adalah sy dan Indra – April 3) Google Edu workshop bareng Steven, dimana sy diminta buat nemenin Steven di meja depan tapi keasikan ngikutin workshopnya, hehehe.. – Oktober
  2. Refreshing Seminar Intl di UPI Bandung bareng mbak Janti for our Hibah Bersaing project 2015 ^^ (dan pak Danang, dan Pak Udin dan temannya)
  3. Meetings kejar tayang sama anak-anak TheSparks, my pretty assistants.. lots of work.. but well-paid.. ^^,
  4. Seminar Nasional PA21,  Pembelajaran Abad21, nah, sy jadi Ketua Panitia-nya, alamak, sy keren ya… *kibas poni ini acara dimana sy mengundang seorang perempuan dan seorang non-pribumi sebagai pembicara, yang biasanya kedua tipe tersebut agak dihindari di lingkungan kerja sy, hebat dan sensasional yaaa..
  5. Free liburan IELTS Course bersama Sara (dari OSU) selama 3 minggu di Tretes, meski agak merasa seperti supir trayek Surabaya- Sidoarjo – Tretes, karena seminggu 2kali sy PP, program ini SUKSES meningkatkan nilai IELTS dan BERAT BADAN sy!
  6. Dikti’s Stuffs… interviu NZ, 2x interviu beasiswa, dan pengurusan surat-surat… Did all by myself ^^

Petualangan & Kuliner

  1. BromoTrip dan madakaripura berpetualang sama Stan (well, nunut tour and travelnya Dhika yang lagi dapat job touring anak2 Thailand) seru banget..
  2. Road Trip to Jakarta, me — DRIVING ^^ ber-4 sama Stan, Mami, dan Dhika.. di Jakarta berpetualang mencoba semua transportasi sama Stan: ojek, taxi, kopaja, busway, bajaj dan eksploring planetarium dan Pinisi Edutainment Park, dan shopping bersama Mami tentunya ^^
  3. Road Trip to Jogja, me and my litl fam enjoying luxurious holiday, berpetualan ber-3 ke museum2 juga..
  4. WISH amazing moments.. my wonderful sistahood dari jaman kuliahan, different paths, different towns, setelah hampir 20 tahun, kami ber-4 bisa dimudahkan buat ketemu, lantas punya ide gila buat KebayaTrip ke Jogja ber-3 (iyaaaa, pake kebaya keliling Jogja, edan kaaaan) lantas foto bareng pake kebaya kembaran ber-4.. hihihi..
  5. Jakarta Trip sama Laksmi, ketemu banyak orang keren di dunia EduTech, bikin bangga sama Indonesia ^^
  6. Spontanitas mamah2 arisan di SDnya Stan… hihihi, pas hari Pahlawan mendadak pada pengen ke TMP buat berziarah ke makam random, dan foto2 di tugu depan..
  7. MiniTrip seru bareng orang sekampung TAS2, misinya anterin anak tetangga nikahan tapi ngga tahu alamatnya, perjalanannya kacau balau, semoga pernikahannya langgeng…
  8. Bali Trip, beautiful as always, sempet kejadian Stan hilang di Pantai kaya di film Pay the Ghost *hiks
  9. Road Trip to Malang-Batu, kenyang dan hotel murah meriah pakai HotelQuickly
  10. Weekend escapes around Surabaya with my Litl Fam
  11. TA atau Temu Akrab anak TP di Trawas, sy beduaan aja sama BiDarling naik ourNinja.. ^^ romantic n cool (plus encok, you know! ini kendaraan keren binggo tapi ngga nyaman buat yg dibonceng..) meski disononya, di Villa Ca**** bawaannya sereeeeeem

Events

  1. Lebarannya sepi ^^, my BigBro’s fam ke Jakarta, habis lebaran, sungkeman, myLitlFam ke Jogja.. Hari Raya Idul Adha yg keren, tukang satenya ganteng-ganteng… ^^
  2. Stan’s performances.. sesuatu yang ajaib, anak yang seringnya ga pede, tetiba berani tampil buat lomba fashion di Sekolahan.. proud of you myStan.. trus tampil buat drama juga.. hadeuh, mama luv you to the galaxy and beyond…
  3. Val Sweet-17th Party, iya, my beautiful niece, Val sudah 17 tahun, menakjubkan mengingat rasanya baru kemaren nungguin dia lahir, trus gendongin dia pas baru ditaruh box di RS..
  4. DK wedding.. *yeaaay acara nikahan yang sudah ditunggu Mami bertahun-tahun lamanya *lebay *ditabokDhika Nah,Dhika & Kizzie wedding ini pas sebelum sy berangkat ke Belanda, syukurlah, pernikahan yng memberikan barokah, ngasih sy kesempatan untuk pamitan ke semua keluarga besar Ayah dan keluarga besar Mami

dan yang paling beda dari tahun sebelumnya adalah di tahun 2015, LitlFam dan BiHun folder jadi BANYAK foto… artinya after 9 years of marriage – we are still going strong * ceiyee

for this happiness, i thank to my beloved WISH sistahood, teman curcolan yang selalu asik, yang menguatkan hati dan konsisten menyalahkan tiap kali sy merasa paling benar.. ^^ hehehe.. itu gunanya teman ya.. membawa pada kebaikan.. ketawa paling keras saat kita salah, tapi mereka tetap tinggal, tidak beranjak pergi, sampai kita bisa ketawa bareng..

thanks paling spesial buat myBiDarling dan Stan, for loving me.. cieeee…

dan, setelah kekacauan luar biasa di tahun 2012, lanjut, 2013, lanjut 2014 yang super ramai… sy percaya…

all GREAT CHANGES are preceded by CHAOS

I got a wonderful Birthday and NY gift

Me getting PhD scholarship in the Netherlands

^^

bersyukur bersyukur berbagi berbagi bahagia bahagia

selamat memulai tahun baru dengan hidupmu yang (semi) baru, dear Me, jalan berikutnya tidak lebih mudah dari tahun sebelumnya, tapi jelas lebih SERU!!!

3

BIG DREAMS Vs small dreams

I dream BIG!

If your dreams don’t scare you, they are not BIG  enough..

I’d love to dream BIG.. It doesn’t mean that I would walk in clouds or neither I am a very optimistic person..

I just love to have BIG dreams..

if they are small, then they are PLANS not DREAMS.. Would you ever say, oh  I’m going to bed and I hope I can dream of eating a banana or drinking a chocolate milk? Well, it sounds like you are PLANning your breakfast.

*grin

jadi, bayangkan seorang anak es em pe yang punya mimpi masuk majalah perempuan terkenal di  Indonesia padahal cantik juga ngepaaaaas, punya mimpi liburan keliling Eropa sementara ayahnya pns kecamatan dan ibu pns dosen, pengen sekolah setinggi-tingginya padahal lebih sering juru kunci di kelas, pengen bisa nulis trus dipublikasi padahal tulisannya yoooo jeleeeeek..

Kok smp?

Iya.. Hidup mulai santai itu smp, pas sd isinya belajaaaaaaaar mulu sampai ranking 1 atau 2 tiap tahunnya jadi ngga sempat mimpi.. ngga asik ya ternyata.. asiknya cuman berupa piala ranking 1 doang..

dan sepanjang perjalanan hidup saya yang super duper santai mulai usia smp itu.. (sometimes make me feel, hey what am I doing during those years.. cangkruk di teras sekolah sambil nyanyi-nyanyi guns n roses.. cangkruk di rumah temen2 sambil ngobrol sampai sore) bayangkan betapa banyaknya cercaan ttg mimpi2 besar saya tiap kali saya nyatakan mimpi itu ke guru atau teman… “Saya mau masuk majalah mode!” “Saya mau keliling dunia gratis” Daaaaaaaaan komentarnya selalu cercaan, hiks hiks… Kadang herannya, atau tepatnya: sebelnya itu sampai ubun2.. Haduuuuuh, anak ini komennya jahat banget tapi kok ya hidupnya enak yooooo, anaknya orang berada, diantar naik mobil ke sekolah, rangking atas terus, duh… Disitu kadang saya merasa Tuhan ngga adil deeeeh..

Yang mesam-mesem itu cuman mami.. “Mi, aku mau keliling dunia…” Dan mami cuman bilang iyaaaa… Usaha dewe, cari gratisan, lah mami duit dari mana… Hohohoho.. Luv you mami.. Sementara ayah lebih diam lagi.. Nanti ayah kasih duit buat pulang! *Loooo yah.. blm berangkat kok disuruh pulang… Hihihihi… What a parents ya..

Anyway, apakah cercaan itu membuat mimpi saya ilang? Engga lah.. Bikin saya minder iya… Hahahaha.. Tapi Mimpi besar tetaplah Mimpi  besar.. Tempat saya menemukan keindahan dunia dan kasih sayangNya..

Mimpi besar tidak membuat saya jadi gila dengan segala cara.. Mimpi besar membuat saya berani mengambil kesempatan dan mencoba hal baru.. Eeeeeh kali nyampe.. Gitu deh.. Kalu ternyata engga ya suuuuuu… No hard feeling.. Engga baper gituh..

daaaaan.. Apa hasilnya sodara-sodara?

mimpi besar saya terlaksana looooh, semuaaaaa yg sy impikan, *sujud syukur , sampe bingung sekarang trus mau mimpi apa lagi ini yaaaa… hihihihi…

jalan-jalan ke Eropa (dan Australia, dan Thailand, dan Korea) tercapai.. masuk Majalah mode (Cosmopolitan bo… Ya meskipun bukan covernya, ngga mungkin dong.. hehehehe) terwujud.. nulis buku (well just an article, a little part of a book) trus dipublikasikan ke berbagai belahan dunia terlaksana (ini hard-working days, hiks), terakhir, bisa studi phd pun sedang di tangan.. *sujud syukur lagi

melihat saya jaman smp, waaaaah ngga akan ada yang percaya dengan terwujudnya mimpi2 besar itu.. jangan-jangan ngelihat saya sekarang pun ngga akan percaya, hihihi..

makanya saya sukaaaaa jadi guru itu puas kalau dicurhatin ttg mimpi mereka, trus ternyata tercapai, kaya my lovely assistant eticutie yg waktu jadi mahasiswa sy kok rasanya ngga ngerti apa2 dan penampakannya kacau balau ala preman, ternyata lancar skripsi S1, malah sekarang kelar S2, jadi guru juga, dan bisa dandan cantik ^^ alamak…

eh, sudah waktunya bikin mimpi baru yaaa? Hmmm sementara, mimpi saya adalah memeluk Stan my little explorer aja deh…

Sambil mikir, ini phd studi diapain nih *sigh

 

0

MC berBahasa Inggris

didapuk NgemSi alias jadi MC?

hmm, Ngemsi mah sudah biasa..

NgemSi formal berBahasa Inggris? wah ini yang luar biasa… soalnya belum pernah — seingat sy sih–

njur piye? mau ditolak.. lah kok emaaaan, seminar internasional looo, untuk sy yg gila pengalaman, maka ini kan pucuk dicinta ulam tiba, kesempatan belajar kan asik..

alhasil nekat deh diterima..

toh MC kan (((sambil lalu))) maksudnya audio dan tidak diputar berulang-ulang, maka kesalahan (ringan) juga ngga akan nempel di ingatan.. bisik sy membujuk hati..

eh kecuali kesalahannya FATAL kayak cerita ini…

suatu ketika ada pembicara bernama Bpk. Joko Pekik, nah, tampaknya sang MC sebelumnya memasukkan seluruh teks pada google translate, dan MC hanya membaca hasil terjemahan begitu saja, nah, sampailah pada ketika dia membaca nama beliau menjadi: Mr. Joko Shout!

wkwkwkwkwkwkwkwk ancuuuuuuuuuuur…. legendaris kan MCnya? wkwkwk

nah, kemudian soal jadwal, untungnya jadwalnya pagi jam 8, jadi paginya masih bisa antar my LittleExplorer, dan ke Hotel – yang untungnya dekat sama sekolah, jadi menghemat waktu dan tetap bisa bersama ^^

berikut contekan transkripnya

————————

Persiapan

We would like to invite all participants of the …… to entrance the ballroom and please take your seat.

We would like to inform that this room is prepared for no smoking area.

We would kindly advice for all delegates and participants in this seminar to switch the mobile phone into silent mode in order to avoid any interruption during the conference

———-

Intro

Good Morning, Distinguished guests ladies and gentlemen

Welcome to the International Conference ……..

held by …..

———

Honorable ….. (para undangan)

Honorable ….. (para keynote speakers)

and all distinguished participants…

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

((tentang seminar)) First of all, let’s praise the almighty God for his blessings we are able to attend this International Seminar of ….  from … until …

Opening Ceremony

((menyanyikan lagu Indonesia Raya))

Let’s sing our/the National Anthem, ladies and gentlemen, please stand up

(nyanyi)

please have a seat

Ladies and gentlemen, to begin the opening ceremony today, here is the report from the chief of the organizing committee, ….., time is yours.

Tari Remo

Ladies and Gentlemen,

Tari Remo is the official welcoming dance from East Java.

Tari Remo, or Remo Dancing will be presented by …, students from …. .  Tari Remo represents the dynamic character of East Javanese. It shows the struggle of a prince on a battlefield.

Masuk acara

All blessed participants,

the last agenda for the opening ceremony this morning, let’s say a prayer lead by……

Time is yours.

————————–

syukurlah sukses ^^

(((menurut sayah))) semoga bermanfaat yaa

0

Ketika Harus Memilih

hahaha, judul apa ini.. aslinya mau curhat sekaligus pamer..

sy sedang di Jombang, untuk PLPG Sertifikasi Guru PAUD, semalam di rumah kos, keasyikan chat sama sahabat sy sambil makan krupuk dan air putih (what’s the fun…?),  sambil mengikuti serunya chat bareng edcampers ttg kejombloan (ah, anak muda..) via whatsapp.. trus keingetan ttg hari Kamis kemaren..

hari Kamis kemaren sy mendpt jadwal Monev PPPM musti presentasi di depan tamu prof dari farmasi unair, ttg proyek IbM sy Batik itu.. so I prepared everything the night before, almost perfectly tapi tetap dong ndredeg.. karena merasa laporan kemajuan proyek tidak sesempurna itu.. 

persiapan pagi (syukurlah) berlangsung lancar dan cemerlang ^,^v sarapan bersama myLitlExplorer, berangkat ke sekolah dengan lancar dan tidak terlambat, dan bersiap2 di kantor LPPM jam 7 pagi…. ooooops…. jam 7 kantor masih tutup, undangan jam 8 pagi padahal, baiklah, sy kabur ke kantin sambil mengatur-atur berkas laporan kemajuan (rencana saya)..

setelah makan nasi pecel separuh dan air putih, sy bersiap2 mengatur berkas, tiba-tiba ada yg menyapa saya, aaaah, dosen wali sy waktu kuliah s1 di uwks dulu… ngga tahan buat ngga salim, beliau adalah dosen yang percaya atas kemampuan sy, banyak memberikan job buat sy, antar jemput juga pernah, pokoknya membuat rasa percaya diri sy meningkat deh.. 

7.30.. sy bingung, hrs ngobrol sm beliau (mantan mahasiswa yang baik dan sopan) atau menyiapkan berkas? (dosen yang baik) #galau

ah sudahlah, jarang2 ini ketemu beliau, sy asyik bercurhat ria sm beliau, ah hari yg indah,bertemu “teman” lama, kesempatan curhat (nyampah), dan makan pecel gratis… hihihihi begitu jam menunjukkan 8am, obrolan pas selesai, sy langsung melesat ke lppm setelah tak lupa mengucapkan terima kasih dong ya 😉

8.05 sy sdh di lppm, tamunya belum datang (untuuuuung, sempat tata2 berkas ^,^v , dan masuk ruang sidang untuk antre presentasi dan tanya jawab setelah beberapa tim lain.. beberapa saat kemudian, tiba-tiba sy mendapat sms dari guru kelas myLitlExplorer untuk segera menjemput krn dia muntah2 di kelas.. alakazam… what should I do… konsentrasi pecah semua..

apa sy tunggu giliran presentasi baru jemput ke sekolah (dosen yang baik) atau ke sekolah baru pasrah presentasi? (ibu yang baik) #galau

ya, sy memilih jadi ibu biasa yg panik dan in rush kalau dengar anaknya kenapa2 di sekolah *ibu yg baik* sy melejit ke sekolah, masuk ke kelas disambut bu guru, dan menemukan myBaby dalam keadaan kusut karena bukan cuman muntah tapi juga pupu *ealah nak… untung teman2nya tidak tahu, buGuru juga berbisik bahwa sepertinya dia sakit *malu*, hehehehe…

*hectic

kembali lagi ke lppm, lebih dulu membawa myBaby ke toilet, untung sy selalu membawa handuk dan baju ganti, hingga dia sdh segar dan wangi kembali saat sy meninggalkannya di ruang tunggu lppm, bersama mainan dan sekotak nasi gudeg..

and i did it great *yihaaaa* 

sekali lagi prof ini menyarankan bahwa seharusnya sy mengambil proyek IbPE, mendampingi UKM untuk produk ekspor, hiks hiks… beraaaat pak, sy mah ibu2.. tapi ya sy iyakan sambil tersenyum ceria..

syukurlah, I’ve had such a great day.. meski ternyata pilihan saya adalah bukan pilihan yang profesional.. hihihiihi, ngga cocok banget jadi wanita karir femina ya,,,

 

 

 

1

IELTS ~ the result

I took the IELTS for the first time, here is the story

Sooooooo, i finally got my result, the ielts result..

And i got just what i have predicted… Great at listening > 8,5! So-so at reading and speaking > 7! But low at writing….. Arrrrrrrrrgh….. I should have prepared physically, knowing that my right hand is not always in a fit condition for writing…

For the overall band, it is 7.well it is enough for some countries but i also read that some university require no band less than 6,5….

I hope this result could take me somewhere new…

I just listed that in 2012 I went to > Spain (Madrid, Valencia, Barcelona) and Indonesia (Denpasar, Jakarta (2x), Bontang – East Borneo (2x))

How about 2013?

yaaaah, musti sadar diri deh… 2 minggu persiapan itu masih kurang lo mbakyuuuu… koyok pinter2o, prasane sulapan tah… hiks *nangis gegerungan

lagian nilai yg sy dapatkan sudah sesuai dengan persiapan toooo.. belajar dan latihan nomor satu adalah LISTENING.. ya udah dong.. terima aja listening bisa dapat 8,5 whoaaaaa…. bisa ya bagus gituh, wkwkwkwkwk

HIPOTESA:

dulu beberapa kali latihan perkiraan listening sy adalah 7 sampai 7,5.. 2 minggu latihan bisa naik 0,5..

untuk menaikkan 0,5 (sy) butuh 1 minggu latihan tiap hari sekitar 20-30menit

NEXT PLAN:

Listening: krn kemampuan sy dasarnya 7,5, maka paling tidak sy butuh 1 minggu latihan

Speaking: sudah 7 yaaaa 1 minggu cukup lah

Reading: sudah 7 juga, artinya 1 minggu juga

Writing: hiks… butuh 2-3 minggu nih…