Imej diri

ceritanya ini saat sy bertemu seorang mbak2 Indonesia di salah satu acara ppie, persatuan pelajar indonesia di enschede, yg membernya dulu jaman sy kuliah master cuman se-imit (kebanyakan master student dan sedikit phd), sekarang anggotanya banyaaaaak bangeth (karena sekarang s1-s2-s3 makin banyak aja yg kemari), gilaaaa…

lantas benernya sy bukan orang yg bisa memulai suatu obrolan, cuman ini pas lagi kepentok aja karena saat itu sy lagi duduk sambil makan, trus S – seorang kenalan sy datang bersama temennya, Z – yg sudah pernah diceritain ke sy tapi belum pernah bertemu muka, nah mereka duduk di depan sy, trus si S pamit mo pergi bentar beli makanan, karena si  Z nih trus duduk sendirian dan berhadapan dengan sy…  yaaa sy merasa harus menyapa lah yaa..

eh ya ngga harus sih, cuman rikuh aja kalau ngga nyapa.. ya ngga sih?

================================

dan setelah senyum ke Z, sy-pun menyapanya

me: hai mbak, temennya S sudah lama ya?

Z: haai.. iya..

trus kami berkenalan, dan hidup bahagia selamanya, eh Moz Vs Z…

trus sepi.. krik krik krik.. sampai…

Z: eh kamu, suaminya bule?

tanya si mbak tiba2 dengan tatapan tajam, setajam silet

me: hah? *maaf sy suka bengong kalau ditanya dadakan

Z: kamu kesini itu ikut suami? suaminya bule?

…(((k-a-m-u)))… errrrrr, ya benernya ngga apa sih, cuman mungkin kaget aja udah lama  ngga ada yg “kamu-kamu”-in sy, hihihi

me: oh, engga mbak.. 

Z: oh, jadi kesini ikut suami kuliah?

me: oh engga juga..

Z: kamunya kerja?

me: *bingung jawabnya apa, tapi trus jawab: iya.. soalnya kalau di belanda emang phd tuh dianggap kerja, jadi yaa sy ngga punya kartu atau nomor mahasiswa, adanya kartu pegawai – yg bisa dapat kopi gratisan di mesin kopi kampus (info yg membanggakan sekali yaaaaaaa… wkwkwkwk)

Z: oh, kerja

stan yg lagi makan di samping sy, berdiri, ambil skateboardnya trus meluncur ke arah jalanan pulang, sy yg juga sudah habis makanannya segera menyusul berdiri sambil pamit dengan senyuman saja.. tapi sy bisa ngerasa kalau sy dilihat dari atas sampai bawah sama si Z… dan sy juga bisa ngerasa kalau stan mendadak bete…

=====================

dalam perjalanan pulang si stan to the point nanya kenapa sy ngga bilang aja kalau sy itu lagi phd..  hmm, kenapa yaaa, 1) sy merasa ngga ada yg salah dengan pernyataan2 dia 2) mungkin karena dia ngga bertanya apa yg sy lakukan di tempat ini.. jawab sy ke stan.. memangnya ada yg kurang pas dengan jawaban mama-kah? tanya sy balik.. stan diem.. trus dia bilang, dia merasa si ibu itu mandang mamanya ini gimana ya.. ngomongnya kaya ngga respek gituh..

iyaaaa,  kalau cara dia menyampaikan sih memang rada2 gimana gitu (kayak heran tampang kayak sy ini kok bisa nyampe belanda mungkin, hahaha kok malah ta’perjelas yaaa… hahaha) tapi yaa sy merasa biasa aja… karena mungkin cara dia bicara yaa kaya gitu…  “mama sih, ngga dandan bagusan gitu..”  protes stan, sy ketawa…

ya harusnya sih dandan ga dandan kan ya teteup musti respek ngga sih sm orang lain… apapun statusnya orang lain.. kan sama-sama manusia inih..

(daaaaan padahal hari itu perasaan sy dandan loooo, pake bedak dua lapis.. pake kebaya cantik… wkwkwk.. makin tertohoq ngga sih..)

kebaya_maureenmoz

eniwe… menurut sy sih gituuuu

walaupun menurut stan engga..

dia lelah krn menurutnya si mama ini ngga pernah dandan proper.. ngga bawa imej dosen gitu.. hahaha… lah gimana dong harusnya apa ya ada manualnya gituh? apa sih dasarnya sy juga ngga tau, kan ini muke ya muke bawaan orok.. trus musti didukung apa sih? biar kelihatan complicated, wkwkwkwk… serius nih nanya…

cara berbicara?

make up?

apa baju?

=================

eniwe buswe, ini ada tulisan lama sy yg kurang lebih pengalaman yg sama kaitannya dengan imej diri (dan kekepoan ibu2, hahaha)

=================

Ga Ja-Im

(April 15, 2014)

siang hari yang panas. warung bakso unesa. jeda antara pulang sekolah dan ekstra kur.

stan & sy asyik makan bakso dahsyat di belakang sekolah, ketika serombongan ibu-ibu senior berpakaian formal juga makan bakso. sy, seperti biasa, asyik becandaan sm stan sampai ngakak2 segala. mulai deh, ada komen2..

“wah makan siangnya di sekolah niy ibu sama anak, kan udah pulang sekolah” celetuk salah satunya

(yg mnr sy aslinya >> nyante amat jadi ibu, kenapa ga masak sendiri trus makan di rumah, kan lebih sehat –> psssst, komen ini pernah sy dapatkan dr rekan dosen pria di kampus)

sy senyum, “anaknya mau lanjut ekstra bu, sampai siang” stan cuek.

“gini ini nungguin ya, kalo dulu anak sy ya mandiri, ikutan antar jemput, trus ya makan2 sendiri, sudah disiapkan di rumah, kenapa ngga pulang aja tooo kan enak, dimasakin aja, trus mamanya tunggu di rumah aja”

sebelahnya nyahut, “rumahnya jauh kali, mana bu rumahnya?”

(ih mulai kepo…) sambil gigit gorengan kriuk kriuk sy jawab, “sidoarjo”

ibu2 langsung koor… ooooooooh…..

“ooooh pantesan, ngga pulang, trus nungguin…” celetuk satu ibu

ibu2 lainnya mengangguk-angguk tanda setuju..

“lama ya nungguin? dari jam berapa? sampai jam berapa? ngapain aja lama gitu?”

(hadeuh, kayaknya makin kepo deh… >.< )

sambil nunggu jawaban dari sy, tatapannya mulai risih lihat mamah & anak rebutan bakso terakhir, setelah paruhan bakso terakhir, sy jawab..

“sampai jam 2, masuk sekolah jam 7am, iyaaa, sy nungguin dia pulang”

“whoaaaa lama juga ya… pulang juga jauh….”

terdiam. (mereka mulai memikirkan solusi “masalah” sy apa ya?????)

“trus ngapain aja lama gituh?” tanya ulang satu ibu, karena sy kelewatan jawab sebelumnya

“ya biasanya sy ngajar bu, sambil nungguin dia pulang” kata sy sambil nyiapin duit mau bayar bakso. stan udah ngilang.

ibu2 mengernyitkan kening melihat “tampang” sy dari atas ke bawah..

“tadi ini ngajar? ngajar????”

kaos sy. jins sy. sandal sy. rambut sy. tampang sy. iya tampang sy HABIS BIS – dihabisin tatapan ibu2nya.

“begitulah bu, mari bu, sy duluan..”

sy pamit. selesai.

Advertisements

13 thoughts on “Imej diri

  1. Hahaha .. kejam yaah kekepoan ituuu.. aku juga pernah ngalamin digituin sama orang seputaran situ.. rasanya pengen bilang, dulu juga saya sekolah di sini buuuu.. haha.. tapi kagok mau bilang gitu, kayak pamer gak penting gituh hehe.. eniweiii, siaapaaaa itu siaaapaa z .. haha nama jelas pleeeeaseee 😁😁😁😁

  2. Suaminya bule. Bah.

    Aku juga pas pulkam sama pacar dikomentarin sama orang2… Enak ya bisa tinggal di luar negeri karena pacarnya. Bikin melotot! Enak aja, gw udah tinggal di Denmark duluan baru ketemu pacar.

  3. Aihhhhh…
    Suka bingung kok bisa ya orang nanya kayak gitu…
    Aku sering dipandang sebelah mata terutama klo pulkam krn ga dandan atau lebih tepatnya tidak cantik menurut ukuran ‘mereka’. Mereka yg melihat kecantikan dari urusan tampang dan pakaian. Bahkan pernah disangka tki waktu pulang dari Jepang sendirian dan pernah juga disangka tkw waktu transit di dubai.

  4. Pingback: Imej diri (2) | @MaureenMoz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s