Makanan Indonesia di Belanda

makanan indonesia

Nasi Rames porsi raksasa di salah satu resto di Belanda

berada jauh dari tanah air ibu pertiwi, konon katanya ada satu hal yg pasti dikangenin:

#makananIndonesia atau #jajananIndonesia

nah, buat saya…

beda dengan tinggal di negara atau kota lain mungkin, kelebihan tinggal di Belanda – setidaknya di kota tempat tinggal sy sekarang -Enschede- relatif mudah-lah beli kebanyakan bumbu dan bahan2 masakan Indonesia, khususnya indomie goreng (yg harganya kisaran 45sen, atau indomie kuah yg lagi diskonan di kruidvat 1 euro dapat 5 bungkus..) dan kecap manis ABC 600ml dengan harga 2,69 euro, asal ngga males nggowes ajah.. hahaha.. eh, tapi ada banyak toko online juga deh…

tapi beneran kok inih.. mo beli beras gampang banget – ada di semua jenis supermarket deh kayanya cmiiw – lontong siap masak pun ada (dalam kemasan plastik), terus sambal ada macam2 – sambal terasi – sambal bajak – sambal manis – sambal hijau – nah, sampai-sampai nih ya – ada toko online yg KHUSUS jual macam2 sambal ala Indonesia! dahsyat ngga sih…

lantas bumbu2 bubuk dan bumbu2 kering siap sedia di supermarket atau kalau mau lebih lengkap ya di toko Asia (di Belanda nyebutnya ya juga “toko”), kalau bumbu jadi hmmm, yg bukan buatan Indonesia sih sy kurang cocok ya.. sy biasa pake bumbu bamboe atau finna.. bumbu pecel (kebanyakan merk karangsari), bumbu gado-gado, sampai yg favorit wong londo – bumbu sate – yg variannya macem2 juga.. dan yg paling sy suka.. kerupuk.. hehehe.. kadang beli yg jadi atau yg masih harus digoreng dulu.. lantas makanan juga ada yg tersedia dalam bentuk kalengan juga.. sambal goreng, gudeg, sayur lodeh, dll, daaan last but not least – tahu tempe ^^

fyi tahu tempe harganya kurleb 1,5 euro per-kotak (200-300gr)

kalau mau beli jadi ya bisaaaaa… ada beberapa resto terkenal di berbagai pelosok Belanda, porsinya besar2 loh.. menyesuaikan ukuran Belanda kali ya.. eheeem – harganyapun ikut “besar”… ada yg rasanya idola bangeeeet… ada yg yaaa cukup lah ya buat tombo kangen…

buat yg (pernah/sedang) tinggal di Belanda mohon referensinya dong yaaa… ^^

tapi kan ADA looooo… bukannya ngga ada makanan Indonesia di Belanda..

jadi sy suka sebel sendiri sama dua hal:

  1. kalau dibilangin, ya puas2in makan di Indonesia, kan di Belanda makanannya makanan londo – ngga ada makanan kaya gini.. trus sy jelasin daaan masih pake ngga percaya.. haiyaaaa 350 tahun berhubungan tuh memberikan kedekatan ke segala lini apalagi lingkup makanan, wong mereka menjajah juga demi rempah-rempah, ya ngga sih? *esmosi
  2. kalau yg mau datang ke Belanda apalagi trus mau singgah di rumah sy (laaaaah, rumah singgah Enschede judulnya, hahaha….) lantas sdh nanya banyak tentang makanan2 inih, sy jelasin, eh dateng2 masih bawa beras atau bawa indomie berkarung-karung, arrrrrrgh… eh maap, bawa beras dan indomienya nyata – karungnya hanya di mata sy.. hehehe..

cuman nih… cuman yaaaa.. kalau mau irit, ya apa2 jangan beli di resto – kan mihil… musti nyoba bikin sendiri.. harus bersahabat sama resep2 online atau ig-nya para koki rumahan (karena segalanya berawal dari mata ya kakak…)

berhasil? hmmm.. yaaa lumayan laaah, meski kadang ngga pada percobaan pertama sukses, hahaha.. mulai yg gampil ala bubur ayam, bubur kacang ijo, bubur sumsum, piscok, sampai yg agak perjuangan kayak siomay, cilok, cireng, rangin, terang bulan, martabak, pastel..

dan yg bikin pedih itu ya..

beli bahan, nyiapin, masaknya tuh lamaaaaaaa.. berhasilnya juga lama, ehlahdahlah makannya cepet habis (syukurlah).. lantas cuci piringnya lamaaaaa… malez ngga seh… wkwkwk.. ibu2 cap opo iki.. pemalaz…

jadi yg berlaku buat sy, yg sebenarnya dikangenin adalah:

KEMUDAHAN mendapatkan makanan ataupun jajanan Indonesia ^^

bagaimana tidak.. saat di Surabaya, sy tinggal di dalam daerah perumahan elit yg juga kawasan cafe, restauran, dan warung yg happening dan ramai pengunjung sepanjang hari, eits.. tapi ini tidak terkait langsung dengan tempat yg sy sebut diatas yaaa.. bahkan BUKAN di perumahan elitnya juga, hahaha..

rumah mami sy tuh di KAMPUNG lama asli Suroboyo yg terletak di dalam kawasan happening ituh, huehuehue..

alhasil nih kampung dalam waktu beberapa tahun saja penuh dengan tempat kos2an dan fasilitas2nya.. depan rumah persis tuh warung toiletries dan jajanan kering dan kadang jual roti bakar bandung, sebelahnya tempat air galonan dan isi ulang, ada yg jual jajan basah, lantas laundry kiloan (ini emang bukan makanan, tapi penting untuk kehidupan juga, wkwkwk), rujak cingur, bakso yg super laris (warungnya agak jauhan, cuman karena yg jual tetangga sy bisa juga beli di rumahnya), nasi bungkus murmer, nasi pecel dan lauknya yg alakazam endessss banget, ote2 jagoan, dan banyak warung2 makanan dan minuman ala2 es degan ijo dan es dawet, belum lagi yg lewat seliweran dari pagi – sate laler – bakso bakar, bakso biasa, lontong balap langganan dengan lento yg kriyus kriyus, cilok – cireng, putu, kripik2, pisang molen mini, sampai tahu tek – nasgor dan migor di malam hari.. gluk, ini mo cerita apasi ga jelas banget ya! hahaha…

*ngelap iler dulu

gluk..

jadi pengeeeeeen.. jadi pengeeeeen… jadi pengen makan apa inih yaaaa??????

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

13 thoughts on “Makanan Indonesia di Belanda

  1. Jangan lupa tukang dodolan tahu campur dan sate yang suaranya melengking di malam hari haha. Oh aku rinduuuuuu nasi goreng merah sing dijual pinggir jalan dengan porsi sak ndayak. Nasi goreng merah dari saus yang entah dibuat dari apa sausnya hahaha. Sing penting abang gonjreng.

    Kalau rekomendasi tempat makan di Den Haag yo mosok perlu kujabarkan lagi. Kan dirimu wes hapal luar kepala haha. Btw, rujak cingur warung Barokah wenaaakkk puoolll. Sayang tempatnya di Ams. Tahun wingi aku sampai dua hari berturut ke Pasar raya, hanya demi rujak cingur haha. Mbelani. Untung cedak omah dan gratis masuknya. Aku kalau Belanja ga pernah online. Lha toko oriental terbesar sak londo cuma berjarak 10 menit ngontel dari rumah

    • nasgor sdh tercantum bu (tapi tanpa saos, aku mbiyen lo kkn nang sebelahe pabrik saos- jadiiiii aku tak mau lah pakai saos itu lagi, hihihi, takceritani taaaaa????) … lek tahu campur ada warung idola deket rumah, tapi duduk tonggoku.. wkwkwk… nah lek sateeee melengking sing bengi iku larang.. dadi ngga langganan..eh ta[i kudune yo ditulis yo, sakno dekne meri…

      aku mau rujak cingur!!! *buru2 browsing, thanks rekomendasinya!

  2. Untungnya di Blenheim, ada 1 toko asia yang lumayan komplit. Yang gak ada cuma tempe, adanya tempe organik. Tahu pun adanya yang sudah digoreng dan dibekuin. Tapi untuk bumbu2 dan sambal kebetulan sekarang komplit, kecuali bon cabe aja haha..
    Cuma kalau mau makan macam di restoran padang, tetap harus bikin sendiri. Kebayang capeknya dulu, terus yang makan aku doang haha.. males duluan.. nti aja tunggu mudiklah..

  3. rumah mami sy tuh di KAMPUNG lama asli Suroboyo yg terletak di dalam kawasan happening ituh, huehuehue..

    lho kampungnya di mana mbak?
    saya juga orang suroboyo nih
    kalo orang suroboyo di mana” mesti sama
    ngerantau ke jakarta kan
    pasti kembalinya nyari makanan asli suroboyo
    hahaha

    ijin follow ya mbak

    • hai hai… terima kasih yaa.. kampung ngesong, di sejarahnya terkenal gara2 jadi tempat “totoan doro” alias adu burung dara.. sampai sekarang masih ada sih tapi sudah jarang ngelihatnya.. lapangan2 jadi kos2an atau jalanan jadi parkiran resto2 sepanjang kupang indah.. jadi kampungnya habis laaaah tinggal 3 gang doang…

      • Ooo ngesong saya tau
        Deket rumah mbah saya sih di hr muhammad
        Totoan doro kayaknya di mana” ada deh mbak
        Di tempat saya di mulyosari juga masih banyak yang totoan doro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s