Selamat Tahun Baru

waah, waktu terasa berlalu begitu cepat di penghujung tahun yaa.. tau-tau besok udah ganti tanggalan aja.. nah, tiap masa liburan tahun baru biasanya sih di rumah – liat kembang api dari jendela, waktunya reviu setahun kemaren (counting all my blessings & blessings in disguise – karena hidup itu paket lengkap yekan – suka dan duka… sy belajar mensyukuri semuanya, meski ngga langsung ngerti hikmahnya…), kemudian baru coret2 di kalender baru dan agenda (planning and resolution)..

november lalu sy sempet ikutan course ttg pengembangan diri yg diantaranya mengajarkan tentang membuat alat bantu refleksi akhir tahun: wheel of life.

wheel of life

dimulai dengan (1) identifikasi aspek hidup apa aja yg penting.. ini sy nulisnya banyak banget, tapi SmartArt pie-nya microsoft cuman bisa maksimal 7 variabel, hehehe.. alhasil sy pas2in dengan kolom yg ada.. yg sekiranya bisa sy gabungin ya udah sy satuin aja..

(kalau ada aspek lain, boleh dong share juga yaaa…)

kemudian di tiap aspeknya, berikan (2) tanda sampai dimana pencapaiannya.. berdasarkan preferensi pribadi tentu, bisa dari tingkat keberhasilannya atau tingkat kepuasannya.. nah, kalau dimasukkan chart pie begini jadi lebih mudah ngebandinginnya kan ^.^ don’t forget to be nice to yourself.. jangan pelit2 lah ngasih nilainya..

wheel of life

resolusi tahun baru

setelahnya ya baru bikin catatan diri sendiri tentang (3) apa & gimana nahan yg sudah lumayan bagus kemarennya, (4) apa yg dirasa kurang dan gimana naikinnya, (5) apa yg mau dicapai/dimiliki/dicoba di masa mendatang, dan yg ngga kalah penting: (6) kebiasaan jelek apa yg mau dibuang..

buat bikin resolusinya tipsnya cuman dua:

mulai dari yg mudah (but still… DREAM BIG!) buat sy: nomor (3) planning (dan semoga teteup rajin), yg nomor (5) pengen punya mesin kopi! (tassimo? senseo? nespresso? dolce gusto?) dan nomor (6) kurangi online window shopping – hahaha ampuuun ini mah! fomo – fear of missing online-discount

trus jangan banyak2 maunya, hahahaha.. soalnya nanti seiring waktu juga bakalan nambah sendiri kok… buat sy yaaa di aspek studi – submit artikel, nulis artikel, sama penelitian terakhir.. lainnya bakalan ngikut lah yaaa…

 

 

 

selamat tahun baru 2018.. semoga masa mendatang lebih baik dari sebelumnya.. enjoy holiday… dan let’s sprinkle kindness everywhere yaa..

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Selamat Tahun Baru

  1. Saya baru pertama kali blogwalking di blog ini. 🙂
    Semoga di tahun-tahun berikutnya semua yang udah ditulis di wheel of life-nya makin banyak dan tentu semua bisa diimbangi.

    Salam kenal. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s