Helsinki Trip: persiapan backpacking bersama anak

selama ini, sy selalu memilih perjalanan sendiri – #solotravelling karena iya.. kalau berdua ato berkelompok kecil sy banyak berantemnya – i am cranky whenever i got tired, jadi super duper judes gilak.. trus kalau berbanyak – segrup tour gituh sy seringnya sakit – capek ati krn diatur2 sepanjang waktu trus jadinya sakit fisik… nah lo.. makanya kalau bisa sendiri ya sy akan pergi sendiri kayak anak eh ibu2 ngambek nyasar di jalan.. hahaha

kali ini sy nekat ngajakin stan curi2 jalan ala backpacker gitu ke finland, curi2 jalan karena sebenarnya perjalanan ini adalah bagian dari perjalanan kami mudik ke indonesia tahun ini, ngeri karena stan agak2 mirip emaknya, trus ngebayangin apa bisa 2 orang cranky dibarengin??? mana stan belum pernah mengikuti perjalanan ala backpack pulaaaa.. karena itu, dari planning 2-day trip sy pangkas jadi 1-day… emaknya ngga pede sama sekali…

—- PERSIAPAN —-

tiket

sy naksir berat sm alitalia sama finnair diawal browsing… kemudian singkat cerita sy jatuh hati sm finnair.. kalau ke websitenya, dari amsterdam ke beberapa tujuan negara di asia, ada pilihan stopover di helsinki, kemudian nanti akan disuguhin pilihan2 berdasarkan durasi dan harga.. jadi kalau kita mo transit 1/2/3 hari di hari2 tertentu maka harganya juga akan berubah makin murah ^^, misal harusnya penerbangan ke singapura 700e, kalau stop over (tergantung pilihan hari) bisa keluar pilihan 640/600/500-580/dst gituh…

barang bawaan

sy pisahkan yg berat2 masuk bagasi (gratis sampai 23kg) dan ada 1 backpack berisi botol minum kosong, buku, gadgets, dan makanan, dan 1 koper kabin berisi keperluan ganti dan toiletries selama di Helsinki saja

makanan yg sy bawa camilan berat seperti gorengan bakso, roti tawar (dan selai – huehuehue), dan camilan ringan seperti coklat + permen – sebanyak yg sy bisa, hahahaha – golongan emak irit banget yaaa

itinerary

kalau pergi sendirian sy bisa aja cuek bebek dengan alasan spontanitas tapi kalau bawa anak sy sedikit parno, jadi deh sy browsing agak lebih banyak dari biasanya buat atur itinerary ^^

dengan itinerary ini sy juga memperkirakan mainan atau buku yg musti dibawa untuk mengisi waktu dalam perjalanan..

budget

iya.. lagi2 kalau sendirian sy pede aja apa adanya.. malah pernah dari jakarta ke spanyol pede aja dengan sangu sejuta (yg akhirnya cukup buat beli makan garingan doang selama 8 hari) biaya lain2 (beli suvenir dan hostel) minjem dooong sm sahabat yg baik hati wkwkwkwk

bareng anak, sy ngerasa musti punya budget buat pengeluaran dadakan, misal kalau ngga memungkinkan tidur di tempat umum, maka akan harus menyiapkan dana buat hostel atau buat ngafe (trus nunut tidur di sofanya)

komunikasi

lagi2 karena jadi sedikit parno, menjaga kalau ada apa2 di jalan, maka sy juga memeriksa lebih awal ttg jaringan komunikasi selama perjalanan, dan download offline maps, dan meminta suami buat standby memantau perjalanan kami dari kejauhan (sambil ngiler2 karena ngga kesampaian ikutan, whahahaha, tegaaaaa)


nah dengan 5 persiapan ini, sy dan stan siap menjelajah bagian kecil dari negara Finlandia pertama kali, baik buat stan ataupun sy

next story: perjalanan backpacking ke Helsinki

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Helsinki Trip: persiapan backpacking bersama anak

  1. enjoy travelingnya mbak Mo,,
    aku juga suka solo traveling karena suka cranky sendiri kalo capek dan di atur2 orang, kalo pun pergi sama teman biasa kita pisah rute dan janjian ketemu di satu titik, haha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s