Royal Family

masih tentang nama saya, jadi masih nyambung sama postingan kemaren disini

pagi ini sy bersepeda ke Gementee, kantor pemerintahan kota Enschede, di centrum, buat scanning kutipan akta lahir terbaru disana.. officetocentrum

menurut google, jaraknya 3,5km dari kantor.. jadi 4,6 dari rumah.. tapi buat sy serasa jauuuuuuuh banget, wkwkwkwk.. dengan bersepeda santai biasanya sekitar 30menit.. waktu awal2, 5km-an sy tempuh 45menit coba… hihihi.. hari ini, karena rada nelat sy agak ngebut deh, dan mau membuktikan seberapa lambatnya sy bersepeda meski bukan dalam kompetisi sepeda lambat (Note: sy juara bertahan sepeda lambat 3 thn berturut-turut pas SD, iyaaaaa, sepeda lambat! *woleeeees…) hasilnyaaaa… 15 mnt dgn catatan hrs berhenti 2x di lampu merah… *yeaaaay *yippieee *trus mijetin kaki pegel.. jadi.. setelah bbrp bulan “berlatih” maka dengan ini sy nyatakan postingan saya dan sepeda sudah habis masa berlakunya… *horeeeee

balik lagi ke gementee.. ngapain scan birth certificate?

salah satu syarat ijin tinggal (MVV) di Belanda adalah Kutipan Akta Lahir yang sudah dilegalisir (oleh Departemen Hukum dan HAM RI, Departemen Luar Negeri, dan Kedutaan Belanda)

jadi waktu sy nyampe thn lalu, aktanya belum jadi, huehuehue.. sy nyobain ngurus sendiri ke kantor Surabaya, 2 bulan ngga jadi2 coba, malah disuruh ngurus di Sidoarjo, di Sidoarjo pada ngga ngerti trus disuruh ke Surabaya haiyaaaa OMG >.< krn sebal ya akhirnya sy pasrahkan ke agen di Jakarta (at least I’ve tried to do it on the right way), trus diburu2 buat berangkat, alhasil akta baru selesai setelah sy sudah di Belanda..

untungnya, kalau buat sy ngga masalah, karena sy sdh punya BSN sebelumnya, burgerservicenummer atau citizen service number – wajib punya nih begitu nyampe di Belanda, karena untuk punya rekening di bank dan daftar asuransi kesehatan butuh BSN ini..

krn BSN dr tahun bahuela masih berlaku, kayanya kalau sy ngga ke gementee juga tak apa, cuman kan ini Belanda gituh, kalau di Indonesia jadi warga ngga jelas sudah biasa, sesekali lah sy terdaftar resmi di satu tempat.. huehuehue..

pertama sy masuk kantornya, petugasnya bapak2 sudah berumur gitu.. agak2 merasa ada nuansa ngga enak waktu sy sapa good morning, krn beliau merespon: ngga bisa bahasa belanda ya.. hmm… wah.. moodnya si bapak lagi jelek euy.. sepertinya nih, sepertinya si bapak taunya sy sudah di Belanda dari tahun 2002 – jadi beliau bete kok sy masih pake Bahasa Inggris, gitu… trus sy sodorin residence permit, paspor, dan akta kelahiran sy.. beliau membaca dengan cermat dari atas sampai bawah.. trus terhenti di tengah, pas nama orang tua.. beliau mengernyitkan kening.. ow ow…

lihat dari nama orang tua, masih keturunan keluarga kerajaan ya?

saya: iyaa bapak… tau dari mane???

sy baca buku sejarah Indonesia dong…

saya: wah si bapak hebat

tapi namamu…

saya: ((cerita lagi tentang sejarah nama kayak di postingan nama kemaren))+((cerita kalau sy baru datang setelah belasan tahun berlalu))

seketika si bapak cerah ceria dan senyum manis gitu.. dan meminta maaf karena udah bete krn sepagian sistem komputernya lagi error… bla bla bla…

dan kami jadi sahabat baik selamanya..

hahaha… ya udah… akhirnya sesi scanning akta lahir berlangsung baik2 saja..

apa karena sy dianggap royal family???… eheeeem…

kalau gitu, selain di pulau asal, baru kali ini sy merasakan “manfaat” nama

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Royal Family

  1. Kok suwi ya 2 bulan ga jadi2. Kutipan akta lahir kan ya? Bukan bikin akta baru? Aku soalnya pakai kutipan akta lahir. Akta lahir yang asli aku masih ada. Seminggu jadi di Jember. Gratis pula.

    • nah, itulah den.. aku juga sebel, thn 2002 aku juga bikin, tapi ayahku yg urusin, kutipannya loh langsung jadi sehari.. emang sih kantornya pindahan dari Manyar ke Tunjungan.. dan kondisinya emang lagi acak adul, tapi…. *pfffffh yaaaa yg penting jadi pada akhirnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s