Sepeda oh Sepeda

maureenmoz bike

seperti yang telah kita tahu (bukan tempe… aaaaah tempe goreng tepuuuung *.* miss you, husy… ) sepeda adalah alat transportasi utama di Belanda, saking umumnya, jumlah sepeda itu lebih banyak dari jumlah penduduk (mnr BBC inih).

harga sepeda bekas

nah, umumnya, menurut kesimpulan dari riset  awu-awu terhadap grup2 fesbuk jualan barang bekas dan marktplaats(dot)nl tiga bulan inih, harga sepeda bekas di Belanda berkisar 50-75 euro

kok mahaaaal???

yaaaa, bisalah dapat dibawah 50euro kalau yg punya udah kepepet ngga punya duit, atau udah mau balik ke asalnya (innalillahi…) hey bukan… negara asalnya maksudnya… atau kalau ada yg rusak misal lampunya  ada yg koit, remnya blong (O.O), atau bannya kempes, atau udah berkarat sanah sinih…

nah, sy pernah malah dapet gratisan, udah karaten, lampunya koit semua, roda depan bentuknya tidak lagi seindah aslinya… kalo diitung beli roda, beli lampu, beli cat, ambooy… kengangguren kalau orang suroboyo bilang… jadi digratiskan lagi deh ke yg lain… murahan ini…

trus gimanaaaa?

yaaaa, musti rela beli yang mahalan demi dapetin sepeda yg kondisinya lebih bagusan, atau beli dari tangan pertama, cieeee, serasa beli mobil… apalagi kalau ada nomor yg sudah didaftarkan ke kantor polisi, hah??? pake gituan segala??? iya… karena pencurian sepeda juga UMUM dimari… >.< jadi kalau beli yg curian trus baru tau kemudian yaaaa berabe juga..

kejahatan itu ada dimana-mana yaaa… mari istighfar…

sepeda (bekas) yang baik itu…

  • bisa jalan lurus ^^,
  • remnya berfungsi (sy ngga biasa naik sepeda oma, itu lo sepeda tanpa rem, jadi ngeremnya ngayuhnya dibalik… selak nabrak kalau synya mah)
  • lampu depan belakang berfungsi (penting nih, kecuali mau pake helm senter kalau pergi malem)

perlengkapan sepeda

nah, karena sepeda itu transportasi utama dan mudah dicuri, maka biasanya ada dua perlengkapan wajib nih…

1) kunci sepeda atau rantai sepeda… wuuuuuih jangan salaaaah, harga rantai dan kunci bisa setara sama harga sepeda bekas loh… edan kan… tapi lah iya masak mau beli dari Indonesia trus dikalungin gituh kayak rapper (wkwkwkwk)

2) tas sepeda… tau lah kalau di Indonesia, sy biasa bawa seluruh isi rumah dalam mobil… baju ada, minum ada, payung ada, makan ada, laptop iya, sapu, ember, ban bekas (O.O) *maaf kadang sy agak berlebihan kalau belum makan, hiks… nah, di Belanda biasa pake fiettassen, atau tas sepeda, bisa satu (kanan/kiri), atau dobelan kiri kanan… nah, harga tas ini juga mengerikan (yg cantik lo ya, yg polosan item atau motif alakadarnya ya bisa dapat dibawah 10euro di toko action)

perlengkapan tambahan: pompa ban, ban cadangan, peralatan tambal ban (kalau mau buka tambal ban)

sepeda & sy

ceritanya sy dapat sepeda bekas yg harganya tidak masuk kategori harga normal.. tapi karena butuh banget buat ngirit duit (bandingkan dengan naik bis tiap hari pp 3 euro, dan beasiswa belum ditransfer dikti…) terus males nyari lagi, dan sepertinya kondisi sepedanya bagus, jalannya ngga hip hop, remnya mantap, lampu nyala… jadi ya udah, pede aja belinya (sambil niat puasa)

nah, terus pas naik sepeda pertama pertama kali nih yaaaa (rute 4,2 km)… di tengah2 perjalanan sy merasa kayuhan sy makin berat… dan sereeeet… dan beraaaaaat…. OMG… mulai makian suroboyonya keluar… makin pelan laju sepeda – makin misah misuh ngga karuan… makin mikir yg engga2…

aduuuuh Tuhan… sy diboongin… pasti rantainya soaaaak… atau rodanya niy… huaaaaaa…. teganya reeeek, mbak itu… kayanya baik hati pas jualin sepeda ini…. huaaaa….

karena ngga kuat.. lantas sy berhenti, cek semua roda, cek pedalnya, kayanya baik2 aja… masih ngga ngerti apa yg soak… pasrah, duduk lemas menunduk terpuruk di tepi jalan… masak iya mau dituntun… masih 2 km lagi ya…. sy galau tingkat dewa… ya sudah pasrah… ya ngga apa-apa… sy maafin kalau emang benar diboongin – toh sy juga bukan customer yg teliti… kalau harus beli lagi ya udah… dan hari juga mulai malam… angin makin dingin… yaAllah, lapeeeer…

akhirnya sy memutuskan, ya dinaikin aja deh, rusak ya rusak, biarin tambah rusak, nanti beli lagi… hiks…

dan…

setelah sy naik lagi ke sepeda…

dan mulai mengayuh…

loh…

kok lancar…

sy jadi paham…

sepertinya yg tadi soak itu….

kaki sy.

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Sepeda oh Sepeda

  1. Bwuahahaha aku ngakak kepingkel mocone. Oh sepeda didaftarkan ke kantor polisi yo, ga tau krungu sing iki. Semua peralatan sepedaku lungsuran. Tas lungsuran mertua, rantai lungsuran suami. Cuma hatiku yg asli hahaha. Selamat bersepeda!

    • hihihi… makasih ^^ *tersipu maklum faktor usia… iya deny, didaftarin ke pak pol, online juga bisa deh kalau ngga salah, jadi kalau hilang, lapor, ntar kalau ketemu nanti dibalikin… (((kalau ketemu)))

  2. *TOS*

    samaan bangeeet kalo nyepeda berasa lutut ni jompo banget ya.
    macam hamster udah ngayuh sekuat tenaga tapi going nowhere.
    trus diselip oma-oma pake miniskirt
    ……………….
    *mutung*

  3. Pingback: Royal Family | @MaureenMoz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s